Peserta SBMPTN di Sumbar Lebih dari 42 Ribu

"peserta SBMPTN yang lulus ujian akan diserap oleh tiga kampus yakni UNP, Unand dan ISI Padang Panjang"
tahun ini peserta yang mengikuti ujian SBMPTN di SUmbar sebanyak 42.316 orang (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF- Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) hari ini digelar. Data dari panitia SBMPTN, tahun ini peserta yang mengikuti ujian sebanyak 42.316 orang dengan rincian peserta Ujian Tulis Berbasis Computer (UTBC) sebanyak 41. 326 peserta dan Tulis Berbasis Kertas (UTBK) sebanyak 990 orang.

SBMPTN Tahun ini, untuk penerimaan di Sumbar, Universitas Andalas dipercaya sebagai panitia pelaksana. Rektor Universitas Andalas Prof. Tafdil Husni, SE. MBA. Ph.D usai melakukan monitoring bersama tim yang tergabung dalam pelaksanaan SBMPTN menyampaikan, lokasi ujian 42.316 orang calon mahasiswa tersebut dibagi menjadi 17 titik.

“Tempat ujiannya ada yang di UNP , Unand dan beberapa sekolah di Kota Padang. Dimulai sejak pukul 07.00 WIB pagi,” ujarnya didampingi Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Ganefri, Rektor ISI Padang Panjang Prof. Dr. Novesar Jamarun, MS.

Tafdil Husni mengatakan peserta SBMPTN yang lulus ujian akan diserap oleh tiga kampus yakni UNP, Unand dan ISI Padang Panjang. Rinciannya Universitas Andalas menyediakan 5.411 kursi , UNP sebanyak 8.001 kursi dan Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang sebanyak 1.100 kursi.

Unand sendiri melakukan tiga tahap penyerapan yakni melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan jalur mandiri.

“Kami sudah berjalan dua sistem penerimaan, tinggal lagi jalur mandiri yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat,” jelasnya.

Sementara Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Ganefri menyampaikan soal penerapan ujian berbasis komputer yang akan diperbanyak. Bahkan direncanakan ujuan seleksi masuk perguruan tinggi bisa menggunakan android. Hal ini sudah dilakukan Universitas Padjadjaran dengan aplikasi MAT Android di Indonesia.

“Untuk Sumbar kami berencana dengan menggunakan android juga. Tapi tentunya akan kita kaji ... Baca halaman selanjutnya