Teliti Goa di Bukit Ransam, Pemkab Pessel Butuh Bantuan Sejarawan

"Keterlibatan ahli sejarawan tersebut guna memastikan apakah guna tersebut merupakan peninggalan sejarah atau hanya lubang biasa"
Warga mendatangi lokasi sekitar lubang yang diduga goa purbakala di Pesisir Selatan (Istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan membutuhkan bantuan dari ahli sejarahwan untuk meneliti sebuah goa yang ditemukan di area perbukitan Bukit Ransam, Nagari Painan Selatan.

Keterlibatan ahli sejarahwan tersebut guna memastikan apakah guna tersebut merupakan peninggalan sejarah atau hanya lubang biasa.

"Sementara ini saya sudah perintahkan Kabid Kebudayaan, namun belum ada hasilnya karena memang butuh bantuan ahli," kata Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni pada KLIKPOSITIF.

Menurutnya, penemuan goa tersebut tidak disengaja, karena memang di lokasi itu sedang berlangsung pelebaran jalan akses penghubung Provinsi Sumatera Barat dengan Bengkulu.

Baca Juga: Bukit Berongga Diduga Gua Purbakala Ditemukan di Daerah Ini

"Saat kami masuk ke dalam goa itu, bagian dalam goa mengecil sehingga tidak bisa dilalui. Sementara kami belum tahu apa yang ada di dalam goa tersebut," sebut Hendrajoni.

Ia menilai, penelitian soal goa sepanjang delapan meter itu penting dilakukan, "Karena memang dulunya di daerah ini ada tambang emas yang dibuka saat zaman penjajahan Belanda dulu di kawasan Salido ketek dan Gunung Harun, apakah menyambung kesana atau tidak perlu dipastikan," ujarnya.

Seperti diketahui, goa itu ditemukan saat proses penggalian dinding tebing Bukit Ransam untuk kepentingan pelebaran jalan.

Saat ditemukan, keberadaan goa tersebut cukup menyita perhatian masyarakat setempat.

[Kiki Julnasri Priatama]