Air Asia Tutup Penerbangan dari Singapura ke Sumbar

"Seperti diketahui, Air Asia pertama kali membuka penerbangan Singapura-BIM pada 9 Februari 2018 lalu"
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Maskapay penerbangan menutup rute penerbangan dari Singapura ke Sumatera Barat melalui Bandara Internasional Minangkabau. Rute itu ditutup mulai 17 Mei 2018 nanti.

Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat, Oni Yulfian membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan, pihaknya telah menerima informasi penutupan rute melalui Kementerian Pariwisata.

"Sudah saya konfirmasi melalui Kemenpar ke Air Asia, mulai tgl 17 Mei ini rute tsb akan ditutup," katanya saat dihubungi KLIKPOSITIF melalui pesan elektronik Whatsapp.

Menurutnya, penutupan rute tersebut dilalukan karena persoalan keterisian tempat duduk di pesawat (Load Factor), "Tapi itu hanya dugaan saya, karena memang Load Factornya di bawah 30 persen," ujarnya.

Dengan penutupan rute tersebut, Oni menyebut bahwa Pemprov Sumbar bersama Kementerian Pariwisata akan menemui manajemen maskapay Air Asia pada tanggal 15 Mei mendatang.

"Tujuannya adalah untuk membicarakan lebih lanjut masalah dan kemungkinan-kemungkinan agar rute ini jangan ditutup langsung," sebut dia.

Solusi lain yang lebih mungkin untuk membatalkan penutupan rute, kata Oni adalah dengan mengurangi penerbangan langsung ke Sumbar menjadi 3 sampai 4 kali dalam sepekan.

"Selain itu juga akan dibahas bentuk-bentuk dukungan promosi yang bisa dilakukan Sumbar untuk menaikkan Load Factornya," papar dia.

Sejauh ini, ia berharap agar pihak manajemen Air Asia tidak menutup total rute penerbangan ke Bandara Internasional Minangkabau dari Singapura.

"Sebab tentu akan berpengaruh ke tingkat kunjungan wisatawan asing ke Sumbar, karena memang saat ini kita cuma punya dua penerbangan internasional yang langsung ke BIM, yakni dari Kuala Lumpur-BIM dan Singapura itu," pungkasnya kemudian.

Seperti diketahui, Air Asia pertama kali membuka penerbangan Singapura-BIM pada 9 Februari 2018 lalu. Rute tersebut serentak dibuka dengan penerbangan antara Kualanamu (Sumut) ke ... Baca halaman selanjutnya