Ombudsman Sumbar Kecewa atas Prilaku Karyawan BPJS Kesehatan Pessel

"Ia meminta karyawan BPJS untuk mematuhi kode etik"
Kantor BPJS Kesehatan Pessel (Istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat meminta kepala Kantor Layanan Operasional BPJS Kesehatan di Kabupaten Pesisir Selatan mematuhi kode etik pegawai terhadap karyawan BPJS setempat yang mengakibatkan keluarga pasien menangis diduga karena diolok-olok.

Pelaksana Tugas Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat, Adel Wahidi merasa kecewa saat mendengar, prilaku salah seorang karyawan BPJS di Pesisir Selatan yang tidak mengutamakan keramahan dan memiliki sopan santun dalam memberikan pelayanan publik.

"Sesuai pasal 34 UU Nomor 25 tahun 2009 tentang layanan publik yang mengatur prilaku pelaksana layanan, salah satunya harus santun dan ramah dan Kepala BPJS tidak boleh abai dalam hal ini," sebut Adel Wahidi pada KLIKPOSITIF, Kamis 10 Mei 2018.

Dia menjelaskan, pihak BPJS harus segara menindaklanjuti insiden yang telah mencoreng nama pelayanan BPJS tersebut. Sebab sebagai perusahaan BUMN, BPJS tentu memiliki standar kode etik yang harus ditaati dan dipatuhi setiap pegawai.

"Kepala BPJS harus memproses setiap dugaan pelanggaran kode etik pegawai, karena itu sudah termasuk perbuatan tidak patut dan tidak cukup hanya dengan kata minta maaf. Internal BPJS harus menjalankan kode etik tersebut," jelasnya.

Menurutnya, dalam prespektif layanan publik, prilaku dan kata-kata tidak boleh menyimpang, apalagi sampai membuat penerima layanan sakit hati atau menangis dengan alasan-alasan tidak jelas.

"BPJS ini, badan publik yang diberikan tugas oleh Negara guna melakukan pelayanan jaminal sosial. Oleh karena itu, ia harus tunduk pada undang undang nomor 25 tahun 2009 tentang layanan publik," terangnya.

Mengingat telah terjadinya dugaan pelanggaran pelayanan publik di BPJS Pessel, Adel Wahidi menegaskan prilaku dan kata-kata digolongkan pada perbuatan mal administrasi dan bertentangan dengan aturan. Ombudsman berharap, mekanisme internal dapat berjalan di BPJS Pessel untuk menindak ... Baca halaman selanjutnya