Ombudsman Nilai Petugas BPJS Painan Lakukan Mal-Administrasi

"Tugas BPJS hanya memverifikasi syarat administrasi. Sedangkan, memverifikasi warga mampu atau tidak, itu tugas Wali Nagari dan rekomendasi Dinsos"
BPJS Cabang Painan (istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Ombudsman Republik Indonesia Wilayah Sumbar mengecam sikap petugas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Painan merupakan salah satu bentuk mal-administrasi.

Pelaksana Tugas Kepala Ombudsman RI Sumbar, Adel Wahidi menyebutkan, dalam verifikasi data pasien bukan kewenangan BPJS untuk mempertanyakannya. Sebab, itu adalah kewenangan Wali Nagari dan Dinas Sosial.

"Petugas pelayanan harus santun dan ramah. Kata-kata itu tidak patut dia keluarkan. Tugas BPJS hanya memverifikasi syarat administrasi. Sedangkan, memverifikasi warga mampu atau tidak, itu tugas Wali Nagari dan rekomendasi Dinsos," sebut Adel Wahidi pada KLIKPOSITIF.

Seperti diberitakan KLIKPOSITIF sebelumnya, petugas BPJS Cabang Painan melecehkan salah seorang keluarga pasien kurang mampu, Rici (25). Ketika itu, anak salah seorang korban, Arsil itu hendak mengurus BPJS untuk ayahnya yang kini tengah terbaring lemah di ICU RSUP M. Djamil, Padang.

Namun, pelayanan yang didapatnya tidak sesuai harapan. Rizky, petugas BPJS justru berkata dengan nada tidak menyenang dan membuat Rici menangis. "Wartawan kok miskin," ungkap petugas R.

Bukannya melunak, R sang petugas BPJS tidak juga percaya. Bahkan ia tambah sengit dengan mengeluarkan kata-kata. "Anda mengaku miskin. Saya tidak percaya. Itu pertanggungjawabannya dengan Tuhan," ucapnya.

Adel Wahidi mengecam, pelayanan petugas tersebut sudah sebagai bentuk perlawanan terhadap Undang-undang nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. "Dalam pasal 34, diatur petugas pelayan publik itu harus sopan dalam memberi pelayanan. Jadi, dia ini harus diproses sesuai kode etik di internal BPJS," terangnya.

Ombidsman RI meminta kepada pihak BPJS untuk melakukan proses penindakkan secara internal terhadap Rizky. Karena hal itu sudah merupakan kewajiban dari Pimpinan BPJS Cabang Painan, karena R telah dugaan pelanggaran kode etik sebagai petugas pelayanan BPJS.

"Jika memang ... Baca halaman selanjutnya