Tata Surya Bersiap Hadapi Bintang Kematian

ilustrasi asteroid
ilustrasi asteroid (internet)

KLIKPOSITIF -- Planet Bumi ditakdirkan untuk menghadapi pertemuan yang menakutkan dengan 'bintang kematian', seperti diperingati para ilmuwan. Dua astronom dari Universitas Madrid baru saja menerbitkan sebuah makalah yang mengungkapkan ketakutan bahwa bintang yang disebut Gliese 710 akan datang sangat dekat dengan tata surya kita.

Meskipun ini tidak akan menjadi tabrakan langsung, matahari yang hilang akan hangus melalui awan Oort, cincin yang terdiri dari triliunan objek es yang diperkirakan mengelilingi tata surya kita. Ini bisa mengirim asteroid dan komet yang melaju ke Bumi dan planet lain.

"Ini mungkin memicu hujan komet besar yang akan mempengaruhi tata surya bagian dalam. Gliese 710 langsung menuju tata surya ," para astronom memperingatkan.

Baca Juga

Bumi punya sekitar 1,35 juta tahun untuk mempersiapkan kedatangan 'bintang kematian', tapi tidak ada cara untuk mengalihkannya. Studi baru tidak berpikir peristiwa itu akan mengganggu tata surya kita secara dramatis, yang akan menyebabkan planet-planet berputar keluar dari orbitnya dan terjun ke Bumi .

Namun, mempertahankan terhadap hujan asteroid masif bisa menjadi pekerjaan yang sangat sulit bagi umat manusia.
Awal tahun ini, astronom Filip Berski dan Piotr DybczyÅ, sk mengatakan, "Ini akan menjadi pertemuan terkuat dan dapat mengacaukan sejarah tata surya ." (*)

sumber: metro.co.uk

Baca Juga

Penulis: Agusmanto