Gunung Merapi di Yogyakarta Meletus

"Gumpalan awan putih tersebut terus membumbung makin tinggi ke hamparan langit biru di atasnya"
Screenshot Gunung Merapi meletus. (akun youtube @Agus Parwono)

KLIKPOSITIF -- Gunung Merapi di Daerah Istimewa Yogyakarta pada Jumat (11/5) sekitar pukul 07.45 WIB meletus. Merapi mengeluarkan asap tebal di udara. Gumpalan awan putih tersebut terus membumbung makin tinggi ke hamparan langit biru di atasnya.

Pantauan dari video yang diunggah di linimasa Youtube dan berlangsung live streaming oleh akun Agus Parwono dengan judul 'Detik-detik Gunung Merapi Meletus', tampak semburan awan putih tebal muncul dari kawah Gunung Merapi.

“Itu yang bawah masih meletus lagi. Coba lihat itu dibawahnya, meletus lagi kan susulannya. Ya Allah!,” kata salah satu suara pria dalam video tersebut.

Tidak disebutkan secara persis posisi pria yang mengambil gambar dalam video tersebut. Namun, salah seorang pria dalam pengambilan gambar tersebut menyatakan bahwa jarak mereka sangat jauh dari Gunung Merapi. “Jarak kami ratusan kilometer dari Gunung Merapi,” jelasnya.

Namun, suara yang sama kembali melanjutkan bahwa debunya sudah sampai di Boyolali, Jawa Tengah. “Debunya sudah sampai di Boyolali ini,” ujarnya.

Letusan Gunung Merapi hari ini dibenarkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Melalui akun twitter resminya 38 menit yang lalu, BNPB menyatakan bahwa: Telah terjadi Letusan Freatik Gunung Merapi, Kami himbau masyarakat tetap tenang. Sementara jauhi radius 3 Km dari puncak merapi Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang. Jika ada perkembangan informasi segera kami rilis. @BPBDMagelang @Pusdalops_diy @BPPTKG. (*)

dari berbagai sumber