Polres Solok Kerahkan Ratusan Personel Amankan Lokasi Balimau

"Selain untuk tradisi Balimau, ratusan personel tersebut juga bertanggung jawab untuk menjada keamanan selama bulan Ramadan dan lebaran"
Ilustrasi Balimau (Net)

SOLOK, KLIKPOSITIF -- Kepolisian Resor Arosuka, Kabupaten Solok akan menurunkan ratusan personel untuk mengamankan jalannya prosesi Balimau di sejumlah kawasan di daerah itu.

Prosesi Balimau merupakan tradisi masyarakat Minangkabau untuk menyambut bulan Ramadan. Dalam tradisi ini, masyarakat biasanya berkumpul di sungai untuk mandi, satu hari sebelum tanggal 1 Ramadan.

Ratusan personel tersebut disebar di sejumlah titik pelaksanaan Balimau. Kawasan yang akan dijaga ketat tersebut salah satunya adalah di kawasan Aie Angek Bukik Gadang, Aie Angek Bukik Kili, kawasan Danau di Aatas, Sari Manggis dan kawasan lainnya.

"Kita sudah siapkan personil untuk pengamanan di lokasi-lokasi yang berpotensi dimanfaatkan oleh masyarakat untuk Balimau," kata Kapolres Arosuka AKBP Ferry Irawan.

Dalam pelaksanaan tradisi ini, ia meminta agar masyarakat bisa melakukannya di tempat-tempat yang aman dan tidak jauh dari kediaman.

Selain untuk tradisi Balimau, ratusan personel tersebut juga bertanggung jawab untuk menjada keamanan selama bulan Ramadan dan lebaran.

Menurut Ferry, pihaknya fokus ke upaya antisipasi Curas, Curat, Curnak dan Curanmor (C4), pemberantasan miras oplosan dan peredaran petasan yang bisa mengganggu kenyamanan masyarakat saat beribadah.

"Kita akan optimalkan Operasi Cipkon, sehingga masyarakat bisa betul-betul aman dan nyaman menjalankan ibadah," pungkasnya kemudian.

Untuk pengamanan Lebaran atau operasi ketupat, seperti tahun sebelumnya, Polres Arosuka membentuk 4 Posko pengamanan. Posko Induk terdapat di Mapolres Arosuka, Posko By Pas Selayo, Posko Danau diatas dan posko dekat Rumah Makan Mintuo, Nagari Batang Barus.

[Syafriadi]