Terkait Pelayanan di Pessel, Ini Klarifikasi dan Hak Jawab BPJS Kesehatan

"Klarifikasi ini telah disampaikan juga kepada peserta beserta beberapa wartawan yang datang ke kantor BPJS Kesehatan Pesisir Selatan pada Rabu sore (9/5) lalu"
Kantot BPJS Kesehatan Cabang Pesisir Selatan. (istimewa)

KLIKPOSITIF -- BPJS Kesehatan Cabang Padang membuat hak jawab atas berita yang terkesan menyudutkan dan kurang cover both side seperti yang sudah diterbitkan sejumlah media. Seperti, Klikpositif.com dengan pemberitaan "Gara-Gara Ulah Karyawannya, Kepala BPJS Pessel Minta Maaf" yang tidak memuat utuh kejadian.

Kemudian, portal Baca Berita dengan judul "Diolok-olok Karyawan BPJS, Richi Menangis Saat Mengurus BPJS Orang Tuanya yang Sedang Sakit Jantung", UC News berjudul "Tangisan Pecah Diejek Pegawai BPJS Saat Mendaftar Orangtua yang Sakit Jantung" dan haluan.com dengan judul "Petugas Pelayanan BPJS Kesehatan Pessel Diduga Lecehkan Warga serta media lainnya".

Pihak BPJS Kesehatan memberikan penjelasan terkait permasalahan tersebut. Berikut penjelasannya:
Peserta yang juga seorang wartawan bernama Arsil datang melalui anaknya bersama seorang wartawan lain (Roby Padang TV) dengan rekomendasi Dinas Sosial dengan harapan kepesertaan Asril bisa langsung aktif pada hari itu juga. Padahal orangtuanya telah mendaftar sebagai peserta dan nomor virtual accountnya sudah keluar pada Januari lalu tapi sampai sekarang belum dibayarkan iurannya.

Jika ingin mengaktifkan, secara sistem harus dilakukan masa aktivasi ulang 14 hari lagi yakni, kartu baru akan aktif tanggal 21 Mei 2018 karena peserta belum pernah bayar sama sekali sejak melakukan pendaftaran, sehingga masa 14 harinya harus diulang. Rekomendasi Dinas Sosial hanya berlaku untuk pendaftaran baru, bukan untuk peserta menunggak atau peserta alih segmentasi.

Sesuai dengan Peraturan Direksi Nomor 39 Tahun 2017 tentang Tata Laksana Verifikasi Peserta Bukan Penerima Upah dengan Surat Rekomendasi Dinas Sosial pada Pasal 2 ayat (3) dinyatakan, bahwasannya Surat Rekomendasi Dinas Sosial: "dapat digunakan untuk pendaftaran peserta baru melalui kantor cabang BPJS Kesehatan sesuai domisili tempat tinggal peserta".

Pada hakekatnya, rekomendasi Dinas ... Baca halaman selanjutnya