Curi Sarang Walet, Residivis di Pasaman Barat Ini Kembali Ditangkap

"Dari tangan pelaku, petugas mendapati barang bukti berupa sarang walet seberat 3 ons, sebuah dongkrak besar dan sebuah kunci Letter T"
Pelaku pencurian sarang walet di Pasbar diamankan polisi. (istimewa)

PASBAR, KLIKPOSITIF -- Seorang lelaki diamankan polisi karena terlibat aksi pencurian sarang burung walet di Ujung Tanah, Jorong Batang Lingkin, Nagari Aia Gadang, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat-Sumbar, Jumat 11 Mei 2018 sekitar pukul 07.15 WIB.

"Pelaku pencurian sarang burung walet tersebut merupakan residivis kasus yang sama," Kata Kapolsek Pasaman AKP Muzhendra pada KLIKPOSITIF.

Dia mengatakan, pelaku pencurian sarang burung walet tersebut diketahui bernama Afrizal (36), warga Padang Silasuang, Jorong Pisang Hutan, Nagari Sasak, Kecamatan Sasak Ranah Pasisia. Dari tangan pelaku, petugas mendapati barang bukti berupa sarang walet seberat 3 ons, sebuah dongkrak besar dan sebuah kunci Letter T.

Kapolsek Pasaman, AKP Muzhendra mengatakan, penangkapan terhadap pelaku pencurian ini bermula dari laporan pemilik sarang burung walet yang bernama Hanafi (52), warga Bancah Talang, Jorong Batang Lingkin, Nagari Aia Gadang. Dia melaporkan aksi pencurian tersebut terjadi sekitar pukul 05.00 WIB.

Mendapat laporan, petugas langsung gerak cepat mencari pelaku. Dari penyelidikan petugas di lokasi kejadian, diketahui pelaku bersembunyi di salah satu rumah milik warga sekitar kejadian usai mencuri. Saat ditangkap, pelaku melawan dengan melempari petugas menggunakan batu dan menggigit lengan Kanit Reskrim.

Tapi, upaya tersebut tidak membuat penangkapan gagal. Petugas tetap menangkap pelaku dan menggelandangnya ke Mapolsek Pasaman. Dari hasil penyidikan petugas pelaku masuk ke dalam rumah walet dengan cara menjebol dinding beton mengunakan dongkrak mobil.

"Pelaku beserta barang bukti saat ini kita amankan di Mapolsek Pasaman. Saat ini, petugas melakukan pemeriksaan intensif dan pengembangan terhadap kasus pencurian tersebut," tutup Kapolsek.

[Buyung Fajri]