Masalah APK, Panwaslu Pessel akan Panggil Pengurus Parpol

"Banyak alat peraga kampanye (APK) yang terpasang, meski tahapan kampanye belum dilakukan"
Foto bersama Panwaslu Pessel dengan sejumlah stakeholder (Istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Pesisir Selatan bakal memanggil sejumlah partai politik peserta Pemilu, terkait pemasangan alat peraga kampanye (APK) yang sudah banyak terpasang di sejumlah tempat umum sebelum jadwal tahapan kampanye pemilu 2019 dimulai.

"Nanti kita undang seluruh partai politik peserta Pemilu serta stakeholder terkait surat edaran Bawaslu Nomor: S 0691/K.Bawaslu/PM.00.00./V/2018 tentang pengawasan pelaksanaan kampanye sebelum jadwal tahapan kampanye 2019," sebut Ketua Panwaslu Pessel, Yani Rahmasari pada KLIKPOSITIF.

Menurutnya, berdasarkan pasal 276 ayat (1) UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu menjelaskan kegiatan kampanye peserta pemilu boleh dilaksanakan tiga hari setelah daftar calon tetap (DCT) ditetapkan pada 23 September 2018.

"Rencana kegiatan ini juga sudah kita rapatkan juga bersama stakeholder terkait tahap awal kampanye ini, yang dihadiri oleh Kapolres Pessel, Dandim, Kejari, Kesbangpol dan Satpol PP," jelasnya.

Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran Panwaslu Pessel, Erman Wadison menjelaskan, tujuan rapat kordinasi tersebut guna menyampaikan sejauh mana kewenangan Panwaslu dalam melakukan penindakan.

"Untuk itu, kita undang semua stakeholder terkait, guna menyamakan persepsi dan hasilnya akan kita bawa ke Bawaslu Provinsi untuk segera dikoordinasikan," jelasnya.

Lanjutnya, dalam melakukan penindakan pelanggaran Pemilu, Panwaslu Pessel tidak gegabah dalam mengambil tindakan karena semua dilaksanakan berdasarkan dengan aturan yang ada.

"Semuanya kita lakukan berdasarkan aturan, baik itu tahapan kampanye, maupun dalam penindakan. Sebab, semua telah ditentukan sesuai keputusan Bawaslu dan peraturan KPU dalam penyelenggaraan Pemilu 2019," pungkasnya.

[Kiki Julnasri]