Kader PAN Sumbar Minta Ali Mukhni Mundur dari Jabatan Ketua DPW

"Bupati Padang Pariaman itu diduga telah melakukan tindakan melanggar hukum"
Forum Silaturrahmi Kader PAN Sumbar (Cecep/Klikpositif)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Diduga tak menjalankan AD/ART di tubuh partai, sejumlah kader Partai Amanat Nasional (PAN) meminta Ketua DPW PAN Sumbar, Ali Mukhni mundur dari jabatannya.

Sekretaris DPW PAN Sumbar, Taslim Chaniago menegaskan, tuntutan kader juga disebabkan Bupati Padang Pariaman itu diduga telah melakukan tindakan melanggar hukum. Dugaan itu adalah Ali Mukhni diduga membuat laporan keuangan dana bantuan partai fiktif, serta dugaan pemalsuan tanda tangan, di tahun 2016 dan 2017.

"Padahal pada tahun tersebut tidak satu pun kegiatan partai berjalan menggunakan kas DPW atau dana bantuan keuangan partai," kata Taslim, Senin 14 Mei 2018 dalam pertemuan di salah satu kafe di Kota Padang.

Selain tidak adanya kejelasan program partai di bawah kepemimpinan Ali Mukhni, Taslim menyebut juga tidak ada perhatian DPW terhadap DPD yang akan menghadapi Pilkada.

Trek record buruk Ali Mukhni dalam memimpin DPW PAN, kata Taslim menjadi landasan yang tepat untuk mengambil sikap.

"Telah banyak upaya yang saya lakukan agar persoalan ini selesai. Tapi tetap saja tidak ada respon dari Ali Mukhni," ujar mantan anggota DPR.

Senada, Wakil Ketua DPW PAN Sumbar Fazril Ale menyebut persoalan PAN Sumbar sudah berlangsung sejak awal kepemimpinan Ali Mukhni. Ali Mukhni dinilai tidak memiliki kemampuan memimpin partai.

Wakil Ketua MPP DPW PAN Sumbar Ki Jal Altri Tanjung menyebutkan, situasi ini sudah disampaikan kepada Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan pengurus DPP PAN.

"Kondisi ini telah lama terjadi. Ini kepengurusan DPW PAN Sumbar terburuk sepanjang sejarah. Kalau tidak bisa diselesaikan secara kekeluargaan, tentu bisa ditempuh jalur hukum," katanya.

Sementara itu, Ali Mukhni merespon persoalan tersebut dengan santai.

"Bisa saja saya mundur sebagai ketua partai asalkan ada putusan dari DPP PAN. Tapi apakah mungkin DPP menyetujui permintaan sebagian ... Baca halaman selanjutnya