Dinilai Ada Ketimpangan dalam Penetapan Tambahan Penghasilan PNS di Pasaman, Ini Penjelesan BKD  

"Di BKD ini tanggung jawab dan resikonya besar maka besar pula tunjangannya. Kalau mau dinas di BKD silahkan ramai-ramai ajukan pindah ke BKD, kami siap pula untuk diganti."
Ilustrasi (net)

 

PASAMAN, KLIKPOSITIF – Penetapan tambahan penghasilan bagi pegawai negeri sipil di lingkungan Pemkab Pasaman menimbulkan polemik di antara pegawai. Pasalnya, besaran Tunjangan Pengasilan Dasar (TPD) dan Tambahan Pengasilan Kinerja (TPK) antara staf dan unsure pimpinan SKPD dianggap tidak adil.

Polemik ini sudah menjadi pembicaraan pegawai di lingkungan Pemkab Pasaman. Dalam SK Bupati Pasaman nomor 188.45/503/BUP-PAS/2018 tanggal 8 Mei 2018 tentang penetapan standar biaya tambahan pengasilan bagi Pegawai Negeri Sipil di Pemkab Pasaman tahun anggaran 2018, staf golongan II secara umum hanya mendapat TPD Rp800 ribu dan TPK Rp64 ribu per bulan.

Sementara staf golongan II pada Badan Keungan Daerah (BKD) mendapat tunjangan dasar Rp 2 juta ditambah tunjangan kinerja RpRp 64 ribu per bulan. Begitu juga pada staf golongan II di Bappeda mendapat tunjangan dasar Rp1.550.000 ditambah tunjangan kinerja Rp64 ribu per bulan.

Kemudian staf golongan II di Dinas Satpol PP dan Damkar mendapat Rp1.200.000 ditambah tunjangan kinerja Rp64 ribu. Dan pada Dinas Penanaman Modal dan PTSP mendapat Rp1.150.000 ditambah Rp64 ribu per bulannya.

Bukan hanya pada tingkat staf golongan dua saja, pada eselon IV.a secara umum memperoleh TPD sebesar Rp 1.825.000, eselon yang sama pada Badan Keuangan Daerah memperoleh TPD sebesar Rp. 4.075.000 per bulan.

Kepala Badan Keungan Daerah (BKD) Pemkab Pasaman, Mulyatmin ketika dikonfirmasi mengaku sudah mengetahui polemik itu. Penetapan tambahan pengasilan itu sudah sesuai aturan dan anjuran dari KPK RI. Tidak ada yang ditambah dan dikurangi.

"Saya memang tau masalah ini bergejolak saat ini di PNS Pasaman terutama staf pada Bagian Hukum Setda Pasamanm" kata Mulyatmin.

Mulyatmin membenarkan adanya perbedaan jumlah pendapatan staf di Bagian Keungan Daerah (BKD) dengan staf di bagian dinas lain. “Di keuangan ada tambahan honor bagi staf, makanya staf golongan ... Baca halaman selanjutnya