17 Kawasan Ini Jadi Andalan Pariwisata Pasaman Barat

Objek Wisata Pantai Air Bangis, Pasaman Barat
Objek Wisata Pantai Air Bangis, Pasaman Barat (Blog Siti Rahmadani Yanita)

PASBAR , KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat mengakui daerah itu belum masuk kategori daerah tujuan wisata di Provinsi Sumbar.

Dengan begitu Dinas Pariwisata Pasbar tidak memasang target yang muluk-muluk dalam menargetkan kunjungan wisatawan ke daerah itu.

baca juga: Polisi Benarkan Laporan PDIP Soal Dugaan Peyebaran Hoaks Terkait Puan Maharani di Pasbar

"Objek wisata Pasaman Barat belum masuk sebagai daerah destinasi tujuan wisata di Sumbar, namun paling tidak wisatawan lokal mau dan betah berkunjung ke Pasbar ", kata Kepala Dinas Pariwisata Pasbar Armen pada KLIKPOSITIF , Selasa 15 Mei 2018.

Ia merinci, saat ini ada 17 destinasi objek wisata yang direkomendasikan Dinas Pariwisata Pasbar pada pengunjung.

baca juga: Diduga Sebarkan Gambar dan Pesan Hoaks Puan Maharani, Ketua DPRD Pasbar Dipolisikan

Sebanyak 17 objek wisata itu adalah Pulau Panjang di Air Bangis, Pantai Air Bangis, Pantai Sikabau, Pantai Muaro Sasak, Pantai Muaro Binguang di Kinali, Tugu Equator.

Kemudian Ikan Larangan Lubuak Landua, Air Terjun Siburai-burai di Aua Kuning, Gunung Talamau, Pemandian Air Panas Talu, Rumah Gadang Tuanku Bosa di Talu dan Lobang Japang Talu.

baca juga: Pandemi COVID-19, Hotel di Padang Ini Sempat Jualan Takjil untuk Tutupi Biaya Operasional

Selain itu, objek wisata lainya yakni perumahan tradisional Minang Saisuak di Jorong Tinggam Kajai Talamau, Danau Laut Tinggal di Gunung Tuleh, Kampung Guo di Gunung Tuleh, Air Terjun Sampuran Botung di Sungai Aua, serta Danau Indah di Koto Balingka

"Sebagai langkah promosi, kami sudah menggagendakan sejumal iven promosi yakni Festival Pesona Air Bangis pada bulan Oktober," sebut dia.

baca juga: Pasca Protes Masyarakat Air Haji Pasbar ke PT Agrowiratama, Ini Hasil Pertemuannya

Sementara itu, agenda iven lainya sebagai langkah promosi objek wisata Pasbar seperti iven peringatan titik kulminasi di Pantai Muaro Sasak, yang masih dalam tahap finalisasi konsep.

Lantas untuk menunjang fasilitas, Pemkab Pasbar sedang melakukan pembangunan fisik diantaranya Dermaga Wisata Pulai Pigago Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas.

Kemudian, pembangunan tulisan Pantai Muaro Sasak, di Kecamatan Sasak Ranah Pasisia, serta Pembanguan area Parkir di Kawasan Pantai Pohon Seribu Sasak Kecamatan Sasak Ranah Pasisia dengan total anggaran mencapai Rp 500 juta.

"Sementara pemenuhan kebutuhan Dasar Pariwisata seperti MCK, tempat ibadah,sarana prasarana penunjang lainya, disamping minimnya alokasi anggaran perlu sinergitas pemangku kepentingan yakni Pemerintah, masyarakat, dan Swasta," jelas dia kemudian.

[Buyung Fajri]

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa