Pemprov Sumbar Tetapkan Pemotongan Jam Kerja ASN Selama Ramadan

"Pemotongan jam kerja ini merupakan tindaklanjut Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi"
Ilustrasi (Korpri)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah menetapakan pootngan jam kerja yang berlaku untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) selama bulan Ramadan 2018.

Potongan jam yang berlaku di linkungan Pemprov Sumbar adalah, setiap ASN bisa pulang lebih cepat, jika pada hari biasanya pukul 16:00 WIB, nanti diganti menjadi pukul jam 15:00 WIB.

"Pemotongan jam kerja ini merupakan tindaklanjut Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 336 tahun 2018 pada tanggal 8 Mei 2018 tentang penetapan jam kerja ASN, TNI, Polri pada bulan Ramadhan," kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno.

Ia menjelaskan, untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang bekerja selama lima hari kerja, pada bulan Ramadhan ini akan masuk kerja pada pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 15.00 WIB, itu untuk hari Senin hingga Kamis.

Sedangkan untuk hari Jumat masuk pukul 08.00 WIB , pulang jam 15.30 WIB.

"Kemudian untuk OPD yang bekerja hingga enam hari kerja. Bulan Ramadhan akan masuk kerja Pukul 08.00 WIB, pulangnya jam 14.00 WIB. Itu untuk hari Senin hingga Kamis, dan juga Sabtu. Namun untuk jumat masuk pukul 08.00 WIB, maka pulang jam 14.30 WIB," terangnya.

Untuk jam kerja bagi guru atau penjaga sekolah dilingkungan Pemprov Sumbar selama Ramadhan pengaturannya dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan Sumbar.

"Adanya pemotongan jam kerja selama Ramadhan jangan dijadikan alasan untuk bermalas-malasan bagi ASN untuk bekerja. Namun, bekerja sekaligus beramal saat puasa," pungkasnya kemudian.

[Joni Abdul Kasir]