Mengaku Bawa Bom, Penumpang Pesawat Lion Air Ditahan

"Pihak Lion Air terpaksa menunda penerbangan sementara"
Pesawat Lion Air (Net)

PEKANBARU, KLIKPOSITIF -- Pihak pengamanan penerbangan Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, Riau menahan seorang penumpang yang mengaku membawa bom ke dalam pesawat Lion Air JT291 tujuan Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, akibat hal itu, pihak Lion Air terpaksa menunda penerbangan sementara dan memulangkan semua penumpang ke ruang tunggu bandara.

"Namun ternyata pengakuan dari penumpang tersebut hanya candaan yang disampaikan oleh penumpang berinsial DB yang duduk di kursi 9C," kata Danang.

Pengakuan tersebut, kata Danang, disampaikan DB kepada awak kabin, "Katanya ia adalah teroris yang membawa bom di dalam tasnya," ujar dia.

Namun begitu, pihak maskapai tetap melakukan pemeriksaan ulang semua barang-barang sebanyak 200 penumpang yang diangkut oleh pesawat Boeing 737-900ER tersebut.

"Hasilnya adalah tidak ditemukan barang bukti berupa bom dan benda lain yang mencurigakan, yang dapat berpotensi mengancam keselamatan dan keamanan penerbangan," sebut Danang.

Kemudian, Danang mengaku bahwa meskipun candaan DB tidak terbukti, pihak maskapai tidak mengizinkan DB untuk melanjutkan perjalanannya menggunakan pesawat Lion Air JT291 tersebut.

"Sesuai prosedur atas sikap penumpang itu, Lion Air menurunkan (offload) DB berikut bagasi dan barang bawaannya," ungkap dia.

Lion Air menurutnya, telah menyerahkan DB pada pihak keamanan penerbangan dan Angkasa Pura II cabang Pekanbaru, otoritas bandar udara serta pihak berwenang untuk dilakukan proses penanganan lebih lanjut.

"Sementara itu Lion Air JT 291 telah diberangkatkan dengan jadwal terbaru pukul 15.54 WIB dari jadwal penerbangan semula pukul 13.35 WIB. Pesawat telah mendarat di Cengkareng pada 17.22 WIB," jelas Danang kemudian.

Di sisi lain, Lion Air menginformasikan, kejadian tersebut mengakibatkan keterlambatan terbang dari ... Baca halaman selanjutnya