Pengurus Masjid Raya Sumbar Sediakan Buka Puasa Gratis Selama Ramadan

"Penyediaan menu berbuka puasa gratis ini untuk memfasilitasi masyarakat yang tidak sempat membeli takjil"
Masjid Raya Sumbar (Wikipedia)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pengurus Masjid Raya Sumatera Barat menyediakan fasilitas buka puasa gratis bagi warga yang beribadah disana selama bulan Ramadan.

Ketua Harian Masjid Raya Sumbar, Yulius Said mengatakan, penyediaan menu berbuka puasa gratis ini untuk memfasilitasi masyarakat yang tidak sempat membeli takjil dan ingin melaksanakan ibadah shalat maghrib di masjid itu.

"Ada berbuka bersama gratis selama bulan puasa, kita menyediakan teh manis dan kurma," katanya, Rabu 16 Mei 2018.

Untuk penganan yang disedikana tersebut, kata dia, merupakan bantuan dari perusahaan telekomunikasi Telkomsel yang memberikan 2 ton kurma beberapa hari yang lalu.

"Tahun-tahun sebelumnya itu menunya nasi bungkus. Namun, karena setiap hari yang berkunjung ke masjid jumlah berubah-rubah dan kita takut ada yang tidak kebagian maka diputuskan untuk memberikan teh manis dan kurma," sebut dia.

Selain itu, bagi masjid-masjid di Sumbar yang ingin mendapatkan bantuan kurma gratis. Bisa langsung berkoordinasi melalui Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten/Kota.

"Jika masjid-masjid itu butuh 5 kilogram maupun 10 kilogram kurma maka akan kita kirimkan," tutur Yulius.

Sedangkan, untuk kegiatan lain, pengurus masjid juga menggelar tahsin baitul qur'an atau menyempurnakan bacaan al-qur'an mulai dari Senin hingga Kamis sekitar pukul 10.00-12.00 WIB siang.

"Pada hari Sabtu dan Minggu ada kegiatan subuh Mubarak seperti, ceramah dan tanya jawab dan itu jadwalnya masih sama mulai dari jam 10 sampai 12 siang," jelasnya kemudian.

[Joni Abdul Kasir]