Pesantren Ramadan di Sawahlunto akan Dilakukan Selama 6 Hari

"Pesantren Ramadan tersebut dilaksanakan pada tanggal 28 Mei hingga 3 Juni 2018 mendatang"
Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemko Sawahlunto, Zardinal Basyir (KLIKPOSITIF/Muhammad Haikal)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Untuk mengisi kegiatan yang positif selama bulan Ramadhan, Pemerintah Kota Sawahlunto mewajibkan siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) mengikuti Pesantren Ramadan 2018.

"Sejak tahun 2017, Pemko Sawahlunto menyelenggarakan Pesantren Ramadan bagi siswa-siswi SD dan SMP. Sedangkan SMA sejak di bawah Pemerintah Provinsi menyelenggarakan secara mandiri," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Zardinal Basyir di Balai Kota Sawahlunto, Rabu 16 Mei 2018.

Zardinal melanjutkan, Bagian Kesra Kota Sawahlunto sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto. Ada 65 SD/MI dan 13 SMP/MTS yang menjadi penyelenggara Pesantren Ramadan.

"Semua kita libatkan SD/MI dan SMP/MTS baik negeri mau swasta yang berada di bawah Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto," tambahnya.

Pesantren Ramadan tersebut dilaksanakan pada tanggal 28 Mei hingga 3 Juni 2018 mendatang. "Pesantren Ramadhan dijadwalkan selama 6 hari, materi yang akan disampaikan kepada siswa-siswi dibuat silabusnya oleh guru Pendidikan Agama Islam sekolah masing-masing," jelasnya.

Masih kata Zardinal, kegiatan Pesantren Ramadan bertujuan membentuk karakter generasi yang Islami.

"Ini upaya membentuk keimanan dan ketaqwaan generasi Kota Sawahlunto. Selain ilmu pengetahuan dan teknologi, pemahaman serta pembelajaran agama sangat diperlukan," tutupnya.

[Muhammad Haikal]