Negara dengan Puasa Terpanjang dan Terlama di Dunia

"Denmark merupakan negara dengan waktu sekitar 19 jam puasa tahun ini"
Orang-orang makan saat berbuka puasa di hari kedua Ramadhan, di Asosiasi Benih Solidaritas ("Graine de Solidarite"), pada 29 Juni 2014, di Bordeaux. (moroccoworldnews)

KLIKPOSITIF - Umat ​​Muslim di seluruh dunia mempersiapkan diri selama sebulan untuk berpuasa, mulai dari fajar hingga matahari terbenam. Bulan suci Ramadan, salah satu dari lima rukun Islam yang dilaksanakan oleh umat muslim setiap tahunnya.

Durasi puasa harian tergantung pada jumlah jam antara matahari terbit dan terbenam, serta juga tergantung pada musim apa Ramadan datang. Selama bulan-bulan musim panas, mereka yang mengamati Ramadan harus berpuasa lebih lama karena hari yang lebih panjang. Variasi lamanya menahan juga tergantung dari negara mana mereka tinggal.

Dilansir dari laman moroccoworldnews, berikut beberapa negara dengan puasa terlama tahun ini.

1. Eropa
Denmark merupakan negara dengan waktu sekitar 19 jam puasa tahun ini. Hal ini turun dua jam dari tahun sebelumnya, yakni 21 jam. Adapun Swedia, Islandia dan Norwegia, negara-negara Nordik masih akan memiliki 20 jam puasa.

Sedangkan untuk muslim di Belanda, Belgia dan Jerman akan berpuasa selama 18 jam, sementara mereka yang mengamati Ramadan di Spanyol akan berpuasa selama 17 jam.

2. Timur Tengah dan Afrika Utara
Wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara akan mengalami jam puasa sedikit lebih pendek daripada di Eropa. Puasa akan terjadi selama 15 jam di Kuwait, Irak, Arab Saudi, Yordania, dan selama 16 jam di Maroko, Aljazair, Tunisia, dan Libya. Sementara di Sudan, umat Islam akan berpuasa selama 13 jam.

3. Asia dan Australia
Di Asia, kebanyakan Muslim akan berpuasa selama 14-16 jam. Pakistan dan Bangladesh akan berpuasa selama 14 jam, sementara India akan berpuasa selama 15 jam. Australia, yang mendekati musim dinginnya, akan berpuasa selama 12 jam.

4. Amerika Utara / Selatan
Muslim di Amerika Serikat dan Kanada akan berpuasa selama 16 hingga 19 jam, tergantung pada lokasi persisnya. Muslim di Brasil dan Argentina akan berpuasa selama 12 jam.