Masjid Agung Nurul Islam Sawahlunto Datangkan 14 Penceramah Luar Daerah

"Materi ceramah berbeda setiap malamnya selama ramadan"
Masjid Agung Nurul Islam Sawahlunto (KLIKPOSITIF/Muhammad Haikal)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Pengurus Masjid Agung Nurul Islam Kota Sawahlunto memiliki metode sendiri agar jamaah bertambah wawasan ke-Islamannya dan tidak bosan mendengar materi yang disampaikan oleh da'i selama bulan Ramadhan.

"Kami sudah susun materi ceramah yang berbeda yang akan disampaikan penceramah, sehingga tidak membosankan dan bisa menambah ilmu agama para jemaah," kata pengurus Masjid Agung Nurul Islam Kota Sawahlunto, Deswanda.

Deswanda mengatakan, pengurus masjid mendatangkan penceramah dari luar kota Sawahlunto. "Dalam tiga puluh hari kedepan 14 penceramah kita datangkan dari luar daerah," ujarnya.

Selain itu Deswanda menjelaskan, sebagai Masjid kebanggaan warga, Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto sudah menganggarkan untuk merenovasi interior masjid.

"Alhamdulillah Pemko Sawahlunto memprogramkan renovasi masjid yaitu bagian interior dengan melapisinya dengan kayu jati. Semua itu untuk kekhusyukan dan kenyamanan jamaah," jelasnya.

"Program tersebut juga ada kaitannya dengan pariwisata. Mudah-mudahan masjid ini nantinya banyak dikunjungi wisatawan," sambungnya.

Masjid Agung Nurul Islam Kota Sawahlunto merupakan salah satu masjid kebanggaan warga Kota Sawahlunto yang terletak di Kelurahan Kubang Siarakuak Utara, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto.

Bangunan tua yang semula pusat pembangkit listrik bertenaga uap yang dibangun saat penjajahan Belanda dialihfungsikan menjadi masjid sejak tahun 1952. Terdiri dari lima kubah dan satu menara setinggi 75 meter yang dulunya merupakan ceroboh asap pembangkit listrik bertenaga uap tersebut.

[Muhammad Haikal]