Dana Desa Bantu 100 Nagari di Pessel Keluar dari Kondisi Tertinggal

"Untuk masing-masing nagari mendapatkan realisasi Rp700 juta"
Ilustrasi (Net)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMDPP-KB) Kabupaten Pesisir Selatan menyebutkan, manfaat dana desa (DD) berdampak positif terhadap pembangunan nagari (desa adat) di daerah itu.

Kabid Pemerintahan Nagari, DPMDPP-KB Pessel, Yefrizal mengatakan, dampak dana desa (DD) pada nagari itu diantaranya terealisasi terhadap indek pembangunan masing-masing nagari.

Menurut dia, dampak salah satunya adalah mengangkat peningkatan infrastruktur hingga pemberdayaan, menjadikan nagari terlepas dari desa tertinggal.

"Peningkatan pembangunannya sangat pesat. Biasanya dari 100 nagari atau desa masih tertinggal infrastrukturnya, kini sudah tidak lagi," katanya.

Dia menjelaskan, di Pesisir Selatan terdapat sebanyak 182 nagari penerima reaslisasi dana desa (DD) dari pusat dengan total Rp145,9 miliar tahun 2018 ini. Untuk masing-masing nagari mendapatkan realisasi Rp700 juta sesuai dengan tahapan yang diatur pemerintah.

"Secara keseluruhan bertambah Rp200 juta, dari sebelumnya Rp145,7 miliar, menjadi Rp145,9 miliar dari APBN," jelasnya kemudian.

[Kiki Julnasri Priatama]