Pimpin Upacara Harkitnas ke-110, Ini Pesan Bupati Mentawai

"Digitalisasi di berbagai bidang ini juga membuka jendela peluang dan ancaman yang sama"
Suasana upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2018 di Mentawai (Ist)

MENTAWAI, KLIKPOSITIF - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Mentawai memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-110 tahun 2018 dengan menggelar upacara pengibaran bendera merah putih di pelataran kantor bupati setempat di Tuapejat, Senin (21/5).

Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet menjadi inspektur upacara dan membacakan amanat Menteri Kominfo Republik Indonedia, (Menkominfo RI) Rudiantara.

Dalam sambutannya, Rudiantara menekankan agar bangsa Indonesia harus bisa bersaing dengan negara lain karena teknologi saat ini yang jauh lebih berkembang.

"Dulu kita dengan keterbatasan akses dan teknologi, berhimpun untuk kedaulatan bangsa seharusnya kita bisa bagi wadah yang produktif untuk kebangkitan bangsa kita," jelas Yudas mengutip Menkominfo Rudiantara.

Rudiantara juga menekankan di era serba digital, bangsa Indonesia harus ikut terlibat aktif.

Menurutnya, Indonesia akan rugi jika tidak memanfaatkan perkembangan teknologi untuk kepentingan bangsa.

"Digitalisasi di berbagai bidang ini juga membuka jendela peluang dan ancaman yang sama. Ia akan menjadi ancaman jika hanya pasif menjadi pengguna dan pasar, namun akan menjadi berkah jika kita mampu menaklukkannya menjadi pemain yang menentukan lansekap ekonomi berbasis digital," tuturnya.

Sementara itu, Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Mentawai sebagai leading sektor peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-110.

Kepala Dinkominfo Mentawai, Joni Anwar menjelaskan, peserta upacara, antara lain dari Forkopimda, organisasi kepemudaan, pelajar, mahasiswa, Pramuka, TNI dari kodim 0319 Mentawai, kemudian dari Polres Mentawai. Sedangkan Harkitnas tahun ini," kata Joni Anwar, mengambil tema 'Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia di Era Digital.

[Dio]