Begini Kronologis Penangkapan Lima Kurir 22 Kilogram Ganja

"Saat sedang diperiksa, mobil yang dikendarai AF (19) itu tampak mencurigakan"
Pelaku saat diamankan personel Satlantas Polres Pasaman (KLIKPOSITIF/Man St Pambangun)

PASAMAN, KLIKPOSITIF -- Satuan Lalulintas Polres Pasaman menangkap 5 orang yang membawa 22 kilogram ganja kering di perbatasan antara Provinsi Sumatera Barat dengan Sumatera Utara, Senin 21 Mei 2018 siang.

Kapolres Pasaman AKBP Hasanuddin mengatakan sebanyak 22 paket besar ganja kering tersebut dibawa oleh 5 pelaku berinisial AF (19), DK (25), RN (19), RHL (14) dan ANT (38), menggunakan sebuah mobil dengan plat nomor B 1036 KKO.

Penangkapan tersebut bermula ketika sejumlah personil Satlantas dengan melakukan pemeriksaan rutin terhadap kendaraan yang melintas di area perbatasan, atau tepatnya di Muaro Cubadak, Kecamatan Rao, Kabupaten Pasaman.

Saat sedang diperiksa, mobil yang dikendarai AF (19) itu tampak mencurigakan karena tidak mengindahkan perintah petugas untuk membuka pintu bagasi bagian belakang.

Karena tidak mengindahkan perintah, polisi langsung membuka paksa pintu bagasi mobil yang ditumpangi oleh lima orang tersebut dan mendapati barang bukti yang disimpan dalam sejumlah kotak.

"Saat ini 22 Kilogram ganja dan satu unit mobil Xenia sudah diamankan dan pelaku sedang diperiksa secara intensif di ruang Satnarkoba," kata Hasanuddin.

Mendapati hal tersebut, petugas langsung menggiring kelima terduga kurir tersebut ke Mapolres Pasaman lengkap dengan barang bukti yang ada untuk kepentingan pemeriksaan.

Hasanuddin menjelaskan, saat diperiksa, sebanyak 22 kilogram ganja tersebut akan diedarkan ke Pariaman.

"Dari keterangan kurir ini, barang haram tersebut akan diedarkan di Pariaman. Saat ini kelimanya masih diinterograsi oleh penyidik untuk mengungkap pemilik barang haram itu," pungkasnya kemudian.

[Man St Pambangun]