Bupati Yudas: Keberagaman Sebagai Modal untuk Membangun Mentawai

"Rasa kekeluargaan dengan bergandengan tangan antara umat Muslim dan Nasrani semakin terasa, jadi inilah modal kita dalam membangun Mentawai yang kita cintai"
Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet (Ist)

MENTAWAI, KLIKPOSITIF - Dihuni oleh berbagai pemeluk agama, ragam ras dan suku ternyata tidaklah membuat warga Kabupaten Kepulauan Mentawai menjadikannya sumber perselisihan. Bahkan dengan adanya keberagaman itu membuat masyarakat dari Kabupaten yang sering disebut " bumi sikerei" itu tetap rukun dan menjaga sikap toleransi yang memang sudah terpelihara sejak lama.

"Rasa kekeluargaan dengan bergandengan tangan antara umat Muslim dan Nasrani semakin terasa, jadi inilah modal kita dalam membangun Mentawai yang kita cintai," kata Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet saat melakukan safari Ramadhan di Mesjid Jabal Nur Tuapejat, Jumat lalu.

Yudas mengajak kepada seluruh masyarakat Mentawai mulai dari pulau Siberut, Sipora dan pulau Sikakap, agar momentum bulan Ramadhan sebagai bulan kebersamaan, yaitu kebersamaan dalam mewujudkan pembangunan Mentawai, " Mentawai itu beragam dan terdiri dari keberbagaian, tapi itulah yang membuat kita menjadi satu, yaitu satu keluarga, ada yang Nasrani, Muslim dan agaa lainnya tapi kekeluargaan itu tetap ada, tanpa ada masalah sampai saat ini," Ujar Yudas didepan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit dan ratusan jamaah Masjid Jabal Nur Tuapejat.

Senada dengan Yudas, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit pun menungkapkan pujian atas rasa toleransi dan kerukunan masyarakat Mentawai. Menurut Nasrul Abit, kebersamaan seluruh masyarakat Mentawai itulah yang bisa membuat perubahan di Mentawai, " Status Mentawai memang masih tergolong sebagai daerah 3T, tapi jangan malu dulu, karena denga 3T itu justru Mentawai dikenal, dan saya yakin dengan modal kebersamaan ini maka Mentawai pasti ada perubahan, dan sekarangpun sudah terasa perubahan itu, " Ujar orang nomer dua di Sumatera Barat itu.

Tim Safari Ramadhan Provinsi Sumatera yang dipimpin langsung Wagub Nasrul Abit dalam lawatanya ke Mentawai mengunjungi beberapa mesjid diantaranya Mesjid Al-Furqan Sikakap dan mesjid Jabal Nur di Tuapejat Sipora ... Baca halaman selanjutnya