Kabid Humas Sebut Firman Hidayat Bukan DPO Polda Sumbar

"Ia juga menyayangkan adanya anggota yang menangkap tanpa ada perintah"
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Syamsi membantah jika Firman Hidayat masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Polda Sumbar maupun Densus 88 terkait terduga teroris seperti yang sempat viral di media sosial dan sempat diamankan personel Polres Sijunjung.

Baca : Fotonya Sempat Viral, Pria Asal Depok yang Mirip dengan Terduga Teroris Diamankan Polisi di Sijunjung

"Bukan DPO kita (Polda Sumbar) maupun Densus 88 seperti dalam keterangan foto yang viral itu. Dia sudah dibebaskan dan telah melanjutkan perjalanannya pukul 11.00 WIB untuk kembali ke Pulau Jawa dengan sepeda motor miliknya," ujarnya Rabu 23 Mei 2018.

Ia menyayangkan anggota yang tiba-tiba tanpa perintah melakukan penangkapan terhadap yang bersangkutan. Begitupun para penguna media sosial yang begitu mudah percaya terhadap berita hoax bahwa pria itu DPO sebagai teroris.

"Dia itu bukan pelaku bom atau teroris seperti yang sempat diviralkan di media sosial. Itu hoax, namun sangat disayangkan ada anggota yang menangkap tanpa ada perintah," lanjutnya.

Meski tidak terbukti sebagai teroris, Syamsi tidak membantah bahwa dulu Firman Hidayat pernah diamankan Polres Depok karena mengibarkan bendera ISIS. Kejadian itu diketahui pada tahun 2014 dan setelah itu yang bersangkutan dilepaskan.

Hal senada juga diutarakan Kapolres Sijunjung, AKBP Imran Amir. Menurutnya, pemeriksaan pelaku yang dilakukan oleh Densus 88 Antiteror Mabes Polri berlangsung hingga hampir 12 jam pasca penangkapan.

"Setelah dilakukan pemeriksaan oleh Tim Densus 88 selama 12 jam, dipastikan Firman Hidayat hanya ... Baca halaman selanjutnya