60 Persen Publik Puas Program Membangun Indonesia dari Pinggiran

"Nawa Cita ketiga yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan pedesaan memperoleh tingkat kepuasaan tertinggi dibandingkan dengan program Nawa Cita yang lain."
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo. (kemendesa.go.id)

JAKARTA, KLIKPOSITIF – Upaya pembangunan kawasan pinggiran sebagai butir ketiga Nawa Cita menjadi salah satu program kerja pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) yang paling disukai publik. Tingkat kepuasaan publik terhadap berbagai program kerja untuk membangun Indonesia dari kawasan pinggiran mencapai 60,2%.

Hal ini tercermin dari hasil jajak pendapat terkait 3,5 tahun pemerintahan Jokowi-JK yang dilakukan oleh lembaga survei Indo Barometer. “Nawa Cita ketiga yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan pedesaan memperoleh tingkat kepuasaan tertinggi dibandingkan dengan program Nawa Cita yang lain,” ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari, saat merilis hasil survei tingkat kepuasaan publik 3,5 tahun pemerintahan Jokowi-JK di Jakarta.

Dia menjelaskan tingkat kepuasaan publik terhadap berbagai program kerja pembangunan desa dan daerah pinggiran mencapai 60,4%. Angka ini paling tinggi dibandingkan dengan Nawa Cita 1 yang berisi 'upaya mewujudkan perlindungan keamanan bagi seluruh warga negara melalui politik luar negeri bebas aktif, keamanan nasional yang terpercaya, pembangunan pertahanan dan memperkuat negara maritim' sebesar dengan tingkat kepuasaan publik sebesar 53,8%. “Nawa Cita 1 menduduki peringkat kedua yang mendapatkan apresiasi publik setelah Nawa Cita ke-III,” katanya.

Qodari melanjutkan program Nawa Cita 5 yang berisi 'upaya penigkatan kualitas pendidikan dan pelatihan melalui program indonesia pintar serta peningkatan kesejahteraan masyarakat melaluiprogram indonesia kerja dan indonesia sejahtera' berada di peringkat ketiga sebesar 53,4 persen. Sedangkan program Nawa Cita yang berada di peringkat paling ... Baca halaman selanjutnya