Polisi Pastikan Benda di Masjid Salimpaung Bukan Bom

"Tidak ada bahan peledak di dalamnya"
Polisi memasang police line di lokasi tempat ditemukannya benda diduga bom di Masjid Salimpaung (Istimewa)

TANAH DATAR, KLIKPOSITIF -- Kepolisian Resor Tanah Datar memastikan bahwa benda yang ditemukan di sebelah Masjid Raya Salimpaung, Kabupaten Tanah Datar pada Kamis 24 Mei 2018 pagi bukan bom.

Kapolres Tanah Datar, AKBP Bayuaji Yudha Prajas mengatakan benda yang terbungkus kantong plastik hitam tersebut memiliki rangkaian kabel, yang kemudian membuat masyarakat berfikir itu adalah bom.

"Itu bukan bom, hanya saja tampilannya menyerupai karena memang ada rangkaian kabel-kabel tersebut. Tapi tidak ada bahan peledak di dalamnya," katanya saat dihubungi KLIKPOSITIF.

Menurutnya, dengan temuan tersebut, tim penjinak bahan peledak (Jihandak) dari Gegana Brimob Polda Sumbar tetap meledakkan benda tersebut agar tidak menimbulkan kekhawatiran bagi masyarakat.

Baca Juga: Benda Seperti Bom Ditemukan di Sebelah Masjid di Tanah Datar

"Benda itu tadi telah diledakkan langsung di lokasi. Hal itu sengaja dilakukan agar tidak menimbulkan kekhawatiran lagi bagi masyarakat," papar dia.

Ia menyebutkan bahwa benda itu diletakkan di sekitaran masjid oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk memberikan rasa takut pada masayarakat.

Kendati demikian, sekarang situasi di sekitaran Masjid Raya Salimpaung sudah kembali normal, "Dan masyarakat sudah kembali beraktifitas seperti biasanya, sudah aman," ujar Bayuaji.

Saat ini, pihak kepolisian masih melakukan penelusuran lebih lanjut terkait pemilik benda yang menyebarkan rasa takut terhadap masyarakat tersebut.

"Sekarang yang penting, masyarakat waspada dan melaporkan ke petugas jika melihat atau mengetahui sesuatu yang mengancam keselamatan," pungkasnya kemudian.(*)