Wamen ESDM Resmikan Sumur Bor Tanah dan Pembangkit Listrik EBT di Baso

"Khusus untuk wilayah Sumbar, telah dibangun sebanyak 9 unit dan tiga diantaranya berada di Kabupaten Agam."
Wamen ESDM Arcandra Tahar Menandatangani Prasasti Peresmian sumur bor (Andri Padrianto for KLIKPOSITIF)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Proyek Sumur Bor Air Tanah dan Pembangkit Listrik Energi Baru Terbarukan (EBT) yang digerakkan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di sejumlah titik di Sumatera Barat akhirnya diresmikan.

Peresmian dipusatkan di Padang Tarok, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, ditandai dengan penandatanganan prasati, pemotongan pita sekaligus menguji air kran sumur bor tersebut, yang dilakukan Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (ESDM-RI) Arcandra Tahar, Kamis (24/5).

Pada kesempatan itu Arcandra Tahar didampingi Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias, Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria dan Anggota DPR Rl Mulyadi, serta sejumlah perwakilan Kepala Daerah penerima manfaat.

Dalam sambutannya, Arcandra Tahar menyebutkan program pembangunan sumur bor air tanah secara keseluruhan tahun 2017 telah dibangun sebanyak 237 dari 250 unit yang ditargetkan. Khusus untuk wilayah Sumbar, telah dibangun sebanyak 9 unit dan tiga diantaranya berada di Kabupaten Agam.

Adapun untuk pembangunan pembangkit listrik energi terbarukan tahun anggaran 2016-2017, telah dituntaskan sebanyak 20 pembangkit, dengan rincian 17 unit Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan 3 unit Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH).

"Pengembangan EBT di Sumbar cukup banyak, dan potensinya perlu digali kembali termasuk Panas Bumi. Di Solok Selatan misalnya sudah ada, dan perlu digali lagi potensi lainnya," kata Arcandra Tahar

Menurutnya, peresmian menandakan bahwa sumur bor dan pembangkit listrik energi terbarukan yang dibangun tahun 2016-2017 di wilayah Sumbar dapat secara penuh digunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air bersih dan listrik.

Selain itu, peresmian juga dimaksudkan sebagai bahan sosialisasi kepada masyarakat, bahwa pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian ESDM bekerjasama dengan pemerintah daerah dan didukung DPR Rl (Komisi VII) yang memiliki program pro ... Baca halaman selanjutnya