Laporan Keuangan Pemkab Pasaman Raih WTP Beruntun Sejak 2013

"Semoga ini menjadi pemicu kita untuk lebih giat lagi"
Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Bersama Ketua BPK RI (Ist)

PASAMAN, KLIKPOSITIF - Pemerintah Kabupaten Pasaman kembali meraih penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia, berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemkab Pessel Tahun Anggaran 2017.

Pemkab Pasaman berhasil meraih WTP sejak tahun 2013 yang dipimpin oleh Bupati Pasaman, H. Benny Utama hingga tahun 2017 yang dipimpin Bupati Pasaman Yusuf Lubis dan Wakil Bupati Atos Pratama. 

Penghargaan WTP langsung diterima oleh Bupati Pasaman, Yusuf Lubis dan Ketua DPRD Pasaman, Yasri, Jumat 25 Mei 2018 di Padang. Opini tersebut akan menjadi pemicu Pemkab Pasaman untuk lebih giat lagi dalam mengelola LHP di daerah itu.

"Ya benar, kita telah berhasil meraih WT lima kali berturut-turut. Semoga ini menjadi pemicu kita untuk lebih giat lagi," kata Kepala Inspektorat Pemkab Pasaman, Rosben Aguswar yang ikut bersama bupati.

BPK Perwakilan Sumbar menilai penghargaan yang telah diraih Pemkab Pasaman, berdasarkan tiga indikator yang tidak dapat dipisahkan, diantaranya LHP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah TA 2017 yang memuat Opini Pemeriksaan.

Kemudian LHP atas sistem Pengendalian Intern dalam Kerangka Pemeriksaan LKPD 2017 dan LHP atas kepatuhan terhadap regulasi dalam rangka pemeriksaan LKPD 2017. Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut, BPK atas Laporan Keuangan TA 2017 Pemkab Pasaman berhak dianugerahi Wajar Tanpa Pengecualiaan (WTP).

[Man St Pambangun]