Drainase Buruk, Puluhan Rumah Warga di Painan Terendam Banjir

"Hal ini dibuktikan dengan banyaknya bangunan yang berdiri menutup saluran air"
Banjir tampak menggenangi pemukiman warga di Painan, Pesisir Selatan (Istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Puluhan rumah warga di Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan terendam banjir akibat hujan yang mengguyur kawasan itu sejak Sabtu, 26 Mei 2018 malam.

Air yang menggenangi perumahan warga yang berada tepat di belakang kantor Bupati Pesisir Selatan itu tampak setinggi betis orang dewasa atau sekitar 30 cm.

Warga yang menetap di kawasan itu pun tampak mengevakuasi barang-barangnya agar tidak rusak terkena genangan air.

"Air mulai naik sejak tadi malam, siang ini mulai surut. Barang-barang yang kecil banyak yang rusak dan hanyut," kata salah seorang warga Teddy.

Jika melihat kondisi cuaca saat ini, warga, kata Teddy mengkhawatirkan adanya banjir susulan dengan intensitas genangan yang lebih besar.

Warga lain, Anto menyebut bahwa kondisi banjir ini diperparah dengan buruknya saluran drainase di kawasan itu. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya bangunan yang berdiri menutup saluran air.

"Ini harusnya jadi perhatian khusus pemerintah, agar tidak berdampak buruk pada warga khususnya dengan kondisi cuaca saat ini," pungkasnya.

Hingga saat ini, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) belum memberikan keterangan resmi terkait jumlah rumah dan luas area yang terendam banjir di Pesisir Selatan.

[Kiki Julnasri Priatama]