Longsor Timbun Akses Jalan Sumbar-Bengkulu

"Banyak pengendara roda dua maupun roda empat yang terjebak di lokasi tersebut"
Warga membersihkan material longsoran yang menutup badan jalan di Pesisir Selatan (Istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Hujan deras yang melanda Kabupaten Pesisir Selatan sejak Minggu 27 Mei 2018 siang membuat tanah bebukitan di kawasan Bukit Ransam, Kecamatan IV Jurai, longsor dan menimbun akses jalan penghubung Sumbar-Bengkulu.

Kejadian itu diketahui terjadi pada pukul 15:00 WIB tadi. Menurut informasi yang dihimpun, saat ini banyak pengendara roda dua maupun roda empat yang terjebak di lokasi tersebut.

Seorang pengendara, Henragil mengatakan, material tanah yang longsor tersebut menutup hampir keseluruhan permukaan jalan, sehingga kawasan tersebut tidak bisa dilalui.

Namun Henragil menyebut, agar bisa dilalui, pengendara yang ada di lokasi bergotong royong menyingkirkan material longsoran setinggi 10 meter itu dari jalan.

"Kami pengendara roda empat untuk lewat terpaksa harus goto royong. Karena bantuan alat berat tidak ada," katanya.

Ia menyebutkan, pengendara hanya bisa membersihkan materia tanah, sedangkan material berupa pepohonan yang tumbang terbawa longsor tidak bisa dibersihkan.

"Saat kami mencoba mengevakuasi material longsor, hanya kendaraan roda empat yang lewat. Sebab, saat itu kami tidak ada alat untuk memotong kayu yang menghambat jalan," katanya pada KLIKPOSITIF.

Selama proses pembersihan material, kata dia, tidak ada petugas BPBD di lokasi, "Mungkin BPBD dan Polisi belum tahu dengan kejadian ini," ujarnya.

Hingga berita ini diterbitkan, Kalaksa BPBD Pessel, Herman Budiarto belum menjawab konfirmasi yang dilakukan KLIKPOSITIF melalui saluran telepon.

[Kiki Julnasri Priatama]