Polresta Padang Musnahkan Ribuan Petasan Sitaan Selama Ramadan

Proses pemusnahan petasan di Mapolresta Padang
Proses pemusnahan petasan di Mapolresta Padang (KLIKPOSITIF/Halbert Chaniago)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Kepolisian Resort Kota Padang memusnahkan ribuan butir petasan di halaman Mapolresta Padang , Senin 28 Mei 2018.

Ribuan petasan berbagai macam ukuran tersebut tu diamankan sejak pertengahan pekan pertama Ramadan lalu di beberapa lokasi.

baca juga: Pemko Padang Bahas Perumda untuk Kelola Pasar Raya

" Petasan yang dimusnahkan ini merupakan penindakan kami sejak bulan ramadan ," kata Kapolresta Padang , AKBP Yulmar Try Himawan.

Ia mengatakan pihaknya sengaja mengamankan petasan itu karena dianggap telah mengganggu ketertiban umum terutama bagi yang menjalankan ibadah di malam Bulan Ramadan .

baca juga: Pantai Air Manis Kini Dikelola Perusahaan Umum Daerah

"Ribuan petasan ini kami amankan di 11 Kecamatan yang ada di Kota Padang dengan jumlah kurang lebih 10 ribu butir," sebut Yulmar. Namun begitu, pihaknya tidak menghentikan perburuan petasan .

Lantas untuk pedagang sendiri, pihaknya tidak melakukan tindakan hukum dan hanya bisa menyita barang bukti saja.

baca juga: Perekonomian Kota Padang Merosot Selama Pandemi

Di sisi lain, sejauh ini, kata Yulmat belum meemukan distributpor petasan yang beredar di pasaran ibukota Provinsi Sumbar itu.

"Kalau nanti kami menemukan distributornya, jika tidak memiliki izin kami akan melakukan penindakan dalam bentuk tindak pidana ringan," pungkas Yulmar.

baca juga: Pemko Padang Terima Bantuan Alat Penghancur Limbah dari Organisasi Masyarakat Tionghoa

[Halbert Caniago]

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa