Pemprov Sumbar Gelar Pasar Murah, Ini Jadwal dan Lokasinya

"Harus sedikit lebih murah dari harga di pasaran. Kalau tidak, sama aja bohong"
Gubernur Sumbar Meninjau Pasar Murah (Joni/KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menggelar pasar murah hari ini hingga tiga hari kedepan di depan gedung Disperindag tepat dibelakang kantor Gubernur.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan pasar murah (Bazar Ramadan) merupakan bukti bahwa pemerintah bekerja, tidak diam saja, tidak pula sekadar menonton perkembangan harga dan kebutuhan di pasar tanpa melakukan tindakan apapun.

Dijelaskannya, pemerintah bekerja, menggunakan bazar sebagai instrumen untuk mengendalikan laju inflasi selama Ramadan dan mengupayakan agar fluktuasi harga barang-barang kebutuhan pokok dan keperluan lainnya relatif stabil hingga Lebaran.

“Jadi kita tidak diam saja. Ada kepedulian, tidak auto-pilot. Buktinya kita membuat bazar, bagi masyarakat silahkan datang harga murah dari harga pasar,” ujarnya Senin 28 Mei 2018.

Agar instrumen ini sukses, sambungnya, penyelenggara harus memastikan harga produk-produk yang di jual di bazar tidak mahal. “Harus sedikit lebih murah dari harga di pasaran. Kalau tidak, sama aja bohong,” katanya.

Selanjutnya, setelah penyelenggara berhasil mengupayakan harga menjadi lebih murah, jangan sampai yang belanja adalah konsumen kelas menengah ke atas, atau malah melulu diborong oleh ASN berjabatan atau Golongan IV ke atas.

“Utamakan pegawai Golongan II dan masyarakat kurang mampu. Kita terakhir saja, kalau belum habis juga baru beli. Kalau Eselon II dan III beli sekarang, saya khawatir stok dan subsidinya tidak cukup,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Disperindag Asben Hendri dalam laporannya menyebutkan, bazar diikuti oleh 110 peserta, meliputi UMKM dan distributor kebutuhan pokok asal Sumbar. Kemudian dalam bazar juga menjual sembilan kebutuhan pokok dan hasil kerajinan UMKM.

“Sebenarnya kuotanya hanya 100. Namun karena peminatnya banyak, ada 110 yang ikut. Yang sepuluh itu tetap kita fasilitasi agar tetap bisa ... Baca halaman selanjutnya