Pedagang di Kelok Sembilan Dipindahkan

"PKL sudah mulai pindah sebab pada tanggal 4 Juni, lokasi tersebut harus bersih dari pedagang"
Kasat Pol PP Sumbar, Zul Aliman. (KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kepala Dinas Polisi Pamong Praja dan Damkar Sumbar, Zul Aliman mengatakan, proses relokasi pedagang kaki lima kelok sembilan sudah berjalan. Mulai dari sosialisasi dan menetapkan tempat baru untuk PKL.

"Kemarin penetapan lokasi kemana mereka dipindahkan, sudah ada kesepakatan mereka pindah kebawah (jalan lama)," jelas Zul, Rabu 30 Mei 2018.

Selanjutnya, pada tanggal 2 dan 3 Juni, PKL sudah mulai pindah sebab pada tanggal 4 Juni, lokasi tersebut harus bersih dari pedagang. "Hari ini tim memasang nomor ditempat yang baru, sebanyak 156 PKL akan diberi tempat dan diberi nomor dan mereka akan menempati nomor masing-masing," jelasnya.

Dilanjutkan Zul, pemindahan PKL juga dilatarbelakangi keselamatan, sebab sudah ada bagian bangunan kelok sembilan retak dan miring. "Apakah bangunan kurang kuat atau beban yang berat, kami kurang paham juga. Jika dibiarkan merembes ke bagian yang lain. Dan akan mengancam keselamatan," ujarnya.

Terakhir, dia berharap setelah relokasi masyarakat tidak pindah lagi ketempat semula dan relokasi ini bisa permanen. "Sudah beberapa tahun setiap relokasi mereka pindah lagi ketempat semua. Kami berharap masyarakat memahami dan relokasi kali ini permanen mereka tidak pindah-pindah lagi," tukasnya.

[Joni Abdul Kasir]