UTD Yakin Stok Darah di Padang Cukup Hingga Lebaran

"Setiap malam UTD mengumpulkan antara 40 hingga 50 kantong darah melalui donor darah"
Kegiatan donor darah di SJS Plaza Lapai Padang, Rabu 30 Mei 2018 malam. (KLIKPOSITIF/Cecep Jambak)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Dokter Palang Merah Indonesia (PMI) Unit Transfusi Darah (UTD) Kota Padang, dr. Ifdellia Surdadi, mengutarakan untuk ketersediaan darah golongan A, B, dan O dirasa cukup hingga lebaran nanti.

"Kecuali AB tetap kurang. Karena memang persentase orang dengan golongan darah AB itu juga sedikit," ungkap Ifdellia, di sela-sela kegiatan donor darah di SJS Plaza Lapai Padang, Rabu 30 Mei 2018 malam.

Kata dokter yang biasa disapa Ibu Kim ini, ketersediaan darah tidak terlepas dari kegiatan donor darah setiap malam Ramadan tersebut. Rata-rata, setiap malam UTD mengumpulkan antara 40 hingga 50 kantong darah.

"Lumayan mencukupi perharinya. Biasanya kebutuhan perhari itu dari 100 sampai 150 kantong. Apalagi kegiatan di UNP kemarin juga sudah terkumpul 1.000 kantong lebih. Jadi stok cukup ada di PMI," ungkapnya.

Katanya, dari kegiatan di SJS Plaza, kemudian darah langsung dibawa ke PMI. Di PMI darah kemudian diperiksa kembali untuk kelayakannya.

"Dari sini, setelah diambil kita bawa ke PMI langsung. Lalu diperiksa apakah darahnya bisa dipakai atau tidak.
Kita mengambil sesuai standar, HB nya berapa, tensi berapa, beratnya berapa," ujarnya.

Kegiatan donor darah di SJS sendiri katanya digelar hingga tanggal 13 Juni 2018 mendatang. "Jadi selama Ramadan saja. Di luar itu kembali ke PMI," pungkasnya.

[Cecep Jambak]