4 Juni, Jembatan Layang Kelok 9 Steril PKL

"Tim provinsi akan turun membantu proses pindahnya PKL"
PKL di jembatan layang Kelok 9 (KLIKPOSITIF/Haswandi)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kepala Dinas Polisi Pamong Praja dan Damkar Sumbar Zul Aliman mengatakan proses relokasi pedagang kaki lima di jembatan layang Kelok Sembilan sudah berjalan.

Hari ini tim dari Kabupaten Limapuluh Kota telah selesai melakukan lotting penempatan 156 pedagang kaki lima (PKL) di tempat yang baru (relokasi).

"Mereka pindah ke bawah, jalan lama. Hari ini saya dapat laporan sudah selesai pemasangan nomor yang akan ditempati PKL," katanya kepada KLIKPOSITIF, Kamis 31 Mei 2018.

Selanjutnya, pada tanggal 2 hingga 3 Juni, tim dari provinsi akan turun ke Kelok Sembilan, untuk membantu PKL pindah. Sebab, pada tanggal 4 Juni lokasi yang ditempati sekarang sudah harus steril dari PKL.

Dijelaskannya, pemindahan PKL juga dilatarbelakangi keselamatan, sebab sudah ada bagian bangunan Kelok Sembilan yang retak dan miring.

"Ada terdapat ratak kecil pada bagian jalan, kemudian miring, apakah bangunan kurang kuat atau beban yang berat, kami kurang paham juga apakah itu yang menyebabkan retak dan miring. Jika dibiarkan merembes ke bagian yang lain dan akan mengancam keselamatan," ujarnya.

Terakhir, Ia berharap setelah relokasi masyarakat tidak pindah lagi ke tempat semula dan relokasi ini bisa permanen.

"Sudah beberapa tahun setiap relokasi mereka pindah lagi ke tempat semua. Kami berharap masyarakat memahami dan relokasi kali ini permanen, mereka tidak pindah-pindah lagi," tukasnya.

[Joni Abdul Kasir]