Pesan Berantai Kuota Data Gratis Senilai Rp250.000 Hoax, Jangan Disebar

"Pesan berantai ini mulai marak melalui aplikasi WhatsApp sejak Rabu (30/5/2018) "
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Sebuah pesan berisi promosi kuota gratis data internet ramai disebar melalui aplikasi WhatsApp sejak Rabu (30/5/2018) diduga kuat merupakan penipuan atau scam.

Pesan yang berbunyi "Kuota gratis memberi setiap orang kuota data gratis senilai Rp 250.000,00 waktu terbatas", dilengkapi dengan sebuah tautan yang jika diklik akan mengantarkan pengguna internet ke sebuah situs yang menawarkan pulsa gratis.

"Ini masuk kategori scam. Menurut pengalaman kami pembuat scam ini bertujuan untuk mendapatkan keuntungan finansial," kata Alfons Tanujaya pakar keamanan siber dari perusahaan keamanan dan antivirus Vaksincom, kepada Suara.com, media jaringan KlikPositif.com, Kamis malam (31/5/2018).

Keuntungan itu, jelas Alfons, diperoleh dari klik iklan yang ditampilkan pada halaman situs scam tersebut.

"Kemudian ada yang melanjutkan dengan mengelabui korbannya untuk mengisi survei dengan iming-iming menang hadiah atau dapat pulsa," imbuh Alfons.

Penipuan berkedok kuota gratis ini, beber Alfons, mirip dengan modus penipuan yang mencatut nama McDonald's Indonesia pada pekan lalu. Bedanya pada pekan lalu yang ditawarkan adalah voucher gratis.

Sementara pada Januari lalu modus penipuan yang sama, dengan membonceng nama maskapai penerbangan AirAsia juga ramai disebar di Tanah Air. (*)