Mudik Lebaran, Pemprov Sumbar Perbaiki Jalan Berlubang

"Perbaikan dimaksud dengan cara menambal jalan aspal yang sudah berlubang"
ilustrasi perbaikan jalan (internet)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas PU melakukan perbaikan jalan provinsi untuk jalur mudik Lebaran. Perbaikan dimaksud dengan cara menambal jalan aspal yang sudah berlubang.

"Penambalan jalan berlubang akan dilakukan hingga H-3 lebaran," Kata Fathol Bari, Kepala Dinas PU Sumbar, Jumat 1 Juni 2018.

Kata Fathol, hal itu dilakukan agar pemudik aman dan nyaman selama perjalanan. Jalan berlubang menurutnya berpotensi menyebabkan kecelakaan dan kerusakan pada kendaraan pemudik.

"Untuk provinsi yang beraspal sudah diinstruksikan ke seluruh Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) untuk rehab/pemel dengan cara menambal jalan berlubang sampai H-3," katanya lagi.

Titik-titik jalan berlubang, katanya, menyebar di beberapa jalan provinsi seperti di jalan dari Maninjau (Agam) menuju Bukittinggi. "Titik-titiknya menyebar. Kami sedang upayakan semua jalan provinsi yang digunakan untuk jalur mudik tidak ada yang berlubang," sebut Fathol.

Sementara, untuk jalan nasional yang menjadi jalur mudik pihaknya berkoordinasi dengan Balai Jalan sehingga jalan nasional yang saat ini dalam pengerjaan juga bisa memberikan rasa aman kepada pemudik.

"Seperti pelebaran jalan di Pessel kami koordinasikan dengan Balai Jalan sebab proyek tersebut kewenangan Balai," tutupnya.

[Joni Abdul Kasir]