Kios Pedagang di Pantai Carocok Painan Dibongkar

Pembongkaran kios pedagang dibongkar petugas
Pembongkaran kios pedagang dibongkar petugas (Istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF  -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan , Sumatera Barat membongkar sejumlah kios pedagang di sekitaran objek wisata Carocok Painan, Sabtu 2 Juni 2018 kemarin.

Pembongkaran ini dilakukan, karena para pedagang itu akan direlokasi ke tempat baru, yang telah disediakan pemerintah. 

baca juga: Satu Pasien COVID-19 Asal Pessel Dinyatakan Sembuh

"Penertiban kios-kios pedagang di Carocok Painan ini dilakukan berdasarkan instruksi Bupati Pesisir Selatan ,  agar lokasi wisata bisa steril dan lokasi pedagang lebih tertata rapi," sebut Kadispol PP-Damkar Pessel , Dailipal.

Menurut Dailipal, para pedagang itu akan dipindahkan ke sebelah kiri gerbang pintu masuk kawasan Pantai Crocok painan.

baca juga: Satgas BUMN Salurkan Bantuan Penanganan COVID di Pessel

"Setelah hampir setengah jam mediasi bersama pedagang serta penggurus Koperasi Langkisau. Pedagang secara bersama-sama bersedia melakukan pemindahan kios ke lokasi baru, walaupun sebelum sempat terjadi pertentangan (cekcok mulut antara petugas dan pedagang)," jelasnya.

sementara itu, Ketua Koperasi Unit Langkisau Iyan Anas menyatakan, para pedagang bersedia untuk dipindahkan sesuai komitmen Pemkab Pessel , karena bertujuan untuk menata keindahan Pantai Caracok Painan.

baca juga: Jelang Lebaran, Ribuan Anak Yatim dan Piatu di Pessel Dapat Santunan dari Baznas

"Secara legalitas, keberadaan para pedagang di Koperasi Unit Langkisau mempunyai Badan Hukum. Dengan kesadaran yang tinggi, kami sangat mendukung jika itu untuk kemajuan pariwisata," ujarnya.

Ia berharap setelah pedagang menempati tempat yang baru, tidak ada lagi penggusuran yang dilakukan pemerintah, karena mereka menginginkan adanya jaminan keamanan dan kenyamanan dalam berjualan.

baca juga: Audy Joinaldi Berikan 300 Takjil untuk Pengendara dan Warga di Pessel

[Kiki Julnasri]

Penulis: Iwan R