Berapa Zakat Fitrah Anda? Baznas Sawahlunto Tetapkan Qimatnya Dalam Tiga Kategori

"sesuai evaluasi dari pengumpulan dan penyaluran zakat fitrah tahun lalu, untuk penyalurannya ditekankan agar sesuai dengan disyariatkan"
Ilustrasi (Net)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) telah menetapkan besaran standar nilai (qimat) zakat fitrah 1439 Hijriah /2018 Masehi di Sawahlunto dalam tiga kategori.

Tiga kategori zakat fitrah tersebut adalah untuk kategori I Rp36.500, dengan harga beras Rp13.500 perkilogram, kategori II Rp33.500 dengan kisaran harga beras Rp12.000 perkilogram, dan kategori III Rp30.000 dengan harga beras Rp9.000 perkilogram.

"Nilai standar zakat fitrah tersebut didasari hasil survey harga rata rata kebutuhan pokok pangan dipasaran yang telah dilegalitaskan oleh dinas terkait dalam hal ini Koperindag yang sebelumnya telah melakukan survey harga," kata kepala Baznas Sawahlunto, M. Syarief kepada KLIKPOSITIF, Senin 4 Juni 2018.

Syrief menambahkan, qimat yang dikeluarkan ini hanya sebagai bentuk panduan bagi petugas pengumpul zakat yang ada di masjid/mushalla. Setiap masjid/mushalla tidak mesti mengikuti besaran zakat fitrah yang ditetapkan itu. Hanya saja pihaknya mengharapkan hal tersebut menjadi acuan bagi seluruh masjid/mushalla yang ada di Sawahlunto.

"Kepada masyarakat dihimbau agar segera membayarkannya tanpa menunggu akhir ramadhan. Semakin cepat dibayarkan, maka semakin cepat juga penerima zakat merasakan manfaatnya," ujarnya.

Terpisah Kepala Kantor Kemenag Sawahlunto Marjanis mengatakan, sesuai evaluasi dari pengumpulan dan penyaluran zakat fitrah tahun lalu, untuk penyalurannya ditekankan agar sesuai dengan disyariatkan.

Dikatakannya, zakat fitrah merupakan kewajiban umat muslim pada bulan Ramadan menjelang Idul Fitri selain berpuasa.

Besarannya sebanyak 3 1/3 liter atau 2,7 kg beras yang dikonsumsi setiap hari.

"Kewajiban itu dikeluarkan semenjak awal Ramadan dan batasnya sebelum khatib sholat ied naik mimbar. Termasuk bayi yang dilahirkan sebelum sholat ied juga diwajibkan untuk dikeluarkan zakat fitrah oleh orang tuanya," terangnya. (Haikal)