Tiga Pekan Ramadan, Harga Bahan Pokok di Pessel Cenderung Menurun

"Kecenderungan rata-rata masih dalam harga stabil dan tidak ada lonjakan harga secara signifikan"
Transaksi jual beli bahan pokok di Pessel. (KLIKPOSITIF)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan mengatakan, sejumlah harga kebutuhan pokok di Kabupaten Pesisir Selatan terpantau stabil dan cenderung mengalami penurunan harga hingga memasuki pekan ketiga Ramadan 2018 ini.

Kabid Perdagangan, Diskoperindag Pessel, Abdul Hanif menyebut, kisaran harga kebutuhan pokok ini terpantau sejak 24 Mei hingga 31 Mei 2018. Kecenderungan rata-rata masih dalam harga stabil dan tidak ada lonjakan harga secara signifikan.

"Sampai 31 Mei kemarin harga masih stabil dan belum ada lonjakan harga. Untuk akhir-akhir Ramadan nanti, kemungkinan masih tetap stabil karena sebagian harga ada mengalami penurunan," sebut Abdul Hanif pada KLIKPOSITIF, Senin 4 Juni 2018.

Berdasarkan hasil survei Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan UMKM Pessel per 31 Mei 2018 mencatat, mulai dari untuk beras Cap Arai Pinang masih Rp12 ribu per kilogram. Beras Cap Cisokan Solok Rp15 ribu per kilogram. Minyak goreng kemasan Rp15 ribu per kilogram, serta daging sapi Rp130 ribu per kilogram.

Demikian juga dengan daging ayam broiler yang masih bertengger di angka Rp44 ribu per kilogram dan telur ayam negeri pada harga Rp24 ribu per kilogram. Untuk ayam kampung utuh Rp55 ribu per ekor, sementara yang mengalami kenaikan, lanjut Hanif, baru gula pasir kristal.

Namun, untuk kebutuhan pokok seperti cabai, harganya cenderung mengalami penurunan. Cabai merah besar dari Rp30 ribu menjadi Rp25 ribu perkilogramnya. Cabai merah keriting dari Rp24 ribu menjadi Rp22 ribu perkilogramnya dan begitu juga untuk Cabai rawit turun dari Rp40 ribu menjadi Rp25 ribu perkilogramnya.

Lanjutnya, melihat kondisi kestabilan harga di minggu kedua dan memasuki Ramadan ini, pihak berharap kondisi harga untuk tetap stabil. Sebab, jika harga menglami kenaikan, dikhawatirkan komsumsi masyarakat rendah. "Semoga harga tetap stabil dan kebutuhan masyarakat bisa terpunuhi sampai Lebaran dan seterusnya," kata ... Baca halaman selanjutnya