Peserta JKN-KIS Masih Bisa Peroleh Layanan Kesehatan Saat Mudik 

"Terhitung H-8 sampai H+8 atau tepatnya tanggal 7-23 Juni 2018, peserta JKN-KIS tetap bisa memperoleh layanan kesehatan "
Kacab BPJS Kesehatan Solok Rizka Adhiati memberikan keterangan layanan BPJS Kesehatan selama libur lebaran. (Syafriadi/KLIKPOSITIF)

SOLOK, KLIKPOSITIF -- Bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tak perlu khawatir akan layanan kesehatan selama libur lebaran. Terlebih lagi bagi masyarakat yang tengah mudik lebaran.

Terhitung H-8 sampai H+8 atau tepatnya tanggal 7-23 Juni 2018, peserta JKN-KIS tetap bisa memperoleh layanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

"Masyarakat peserta JKN-KIS yang tengah mudik masih tetap bisa mengakses layanan kesehatan meskipun tidak terdaftar pada FKTP dimana ia membutuhkan layanan kesehatan," sebut Kacab BPJS Kesehatan Solok Rizka Adhiati, Senin (4/6) di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Solok.

Dijelaskannya dalam keterangan pers tersebut, apabila tidak ditemukan FKTP yang bisa memberikan layanan kesehatan yang dibutuhkan, maka peserta bisa langsung memanfaatkan layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dasar.

Pada keadaan gawat darurat, seluruh fasilitas keaehatan wajib memberikan pelayanan penanggulangan pertama kepada peserta JKN-KIS. sepanjang peserta mengikuti prosedur dan tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis yang jelas, maka Faskes tidak dibenarkan menarik iur biaya.

"Jadi, pada peserta kalau bisa usahakan untuk senantiasa membawa kartu JKN-KIS, dan pelayanan kesehatan hanya berlaku ketika masa kepesertaan aktif atau tidak ada tunggakan," terangnya.

Untuk mendukung kenyamanan peserta dalam mengakses layanam kesehatan, BPJS Kesehatan juga sudah merilis aplikasi mudik BPJS Kesehatan yang bisa didownload gratis di Google play store secara gratis.

Dalam aplikasi, peserta bisa mengakses informasi terkait nomor telpon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, Faskes Mitra BPJS Kesehatan, dan banyak informasi penting lainnya yang dapat membantu memudahkan masyarakat yang mudik.

Sementara itu, Dinas ... Baca halaman selanjutnya