Satpol PP Akan Tingkatkan Pengawasan Objek Wisata di Sumbar

"Kita ingin masyarakat yang berlibur saat Idul Fitri dikampungnya merasakan kenyamanan dan keamanan,"
Objek wisata Pantai Padang (Joni/KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Dinas Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Sumbar akan meningkatkan pengawasan di seluruh objek wisata yang ada di Sumbar. Pasalnya, Idul Fitri identik dengan masyarakat pulang kampung sehingga diperkirakan akan terjadi lonjakan pengunjung.

"Lokasi wisata menjadi objek pengawasan yang paling diperketat. Pasalnya, tingkat keramaian pengunjung saat lebaran akan membludak. Masyarakat banyak yang pulang kampung otomatis mereka akan berkunjung ke lokasi wisata," ujar Kepala Dinas Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Sumbar, Zul Aliman saat ditemui di Gubernuran, Senin (4/6).

Disebutkannya, pengawasan itu dilakukan agar masyarakat yang berwisata di Sumbar merasakan kenyamanan dan keamanan. Apalagi, dari tindakan kriminal.

"Kita ingin masyarakat yang berlibur saat Idul Fitri dikampungnya merasakan kenyamanan dan keamanan," katanya.

Lebih lanjut kata Zul, dirinya sudah melakukan koordinasi dengan Pol PP di setiap Kabupaten/Kota di Sumbar untuk melakukan pengawasan di beberapa objek wisata didaerahnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit meminta daerah untuk membenahi objek wisata guna menyambut kedatangan masyarakat yang merayakan Idul Fitri di kampung halamannya. 

"Kabupaten/Kota mesti benahi Infrastruktur yang ada. Terutama, toilet mesti ada. Jangan sampai ada lokasi wisata yang tidak ada toiletnya. Kemudian, kebersihan mesti dijaga. Karena kebersihan itu akan membuat kenyamanan masyarakat yang berkunjung," tuturnya.

Tak hanya itu, Nasrul juga meminta keamanan masyarakat terjaga saat berwisata. Jangan sampai masyarakat ada yang mengalami tindakan kejahatan saat berlibur di Sumbar. 

[Joni ... Baca halaman selanjutnya