Gubernur Sumbar: Sebelum Jadwal Mudik, Semua Jalan Provinsi Harus Bagus

"saat ini Dinas PU tengah melakukan perbaikan jalan-jalan yang tidak layak untuk dilalui seperti jalan berlubang, terbang dan bergelombang."
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengklaim jalan provinsi layak untuk dilalui untuk pemudik. Menurutnya semua jalan provinsi yang menjadi jalur mudik harus diperbaiki sebelum jadwal mudik lebaran berlangsung.

"Ini menjadi tugas dan evaluasi kita, sekarang masih ada waktu. Jadi sebelum jadwal mudik semua jalan provinsi yang dilewati harus bagus," katanya, usai melantik Kepala Biro Bina Mental dan Kesra Setdaprov Sumbar, Drs Ifrah Mpd, di aula kantor Gubernur, Selasa (5/6).

Dituturkan Irwan, saat ini Dinas PU tengah melakukan perbaikan jalan-jalan yang tidak layak untuk dilalui seperti jalan berlubang, terbang dan bergelombang.

"Mudah-mudahan semua jalan provinsi siap diperbaiki sebelum jadwal mudik lebaran," ungkapnya.

Sementara demi kenyamanan mudik lebaran Kepala Dinas PU Sumbar Fathol Bari telah mengintruksikan seluruh Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) untuk rehab/pemel dengan cara menambal jalan berlubang sampai H-3 lebaran.

Sementara, untuk jalan nasional yang menjadi jalur mudik pihaknya berkoordinasi dengan Balai Jalan sehingga jalan nasional yang saat ini dalam pengerjaan juga bisa memberikan rasa aman kepada pemudik.

"Seperti pelebaran jalan di Pessel kami koordinasikan dengan Balai Jalan sebab proyek tersebut kewenangan Balai," kata Fathol.

Beberapa ruas jalan yang dilaporkan masih berlubang dan terban seperti di pinggiran Danau Singkarak yang merupakan jalan lintas Sumatera, menjadi catatan untuk segera diperbaiki.

[Joni Abdul Kasir]