Wikipedia dan Genpi Bertekad Support Kegiatan Wisata dan Budaya Sumbar

"antara Wikipedia Bahaso Minang dengan Genpi Sumbar saling melengkapi satu sama lain"
Sharing antara Wikipedia Bahasa Minangkabau dengan Genpi Sumbar (KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF - Dalam rangka meningkatkan sinergi dalam membangun dan mempertahankan budaya daerah, Wikipedia Bahaso Minangkabau dan Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Sumatera Barat melakukan pertemuan dan diskusi ringan. Diskusi ringan yang diadakan soal bagaimana masing-masing organisasi ini bekerja dalam mempertahankan budaya dan mengembangkan pariwisata yang ada di Sumatera Barat.

Kegiatan yang digelar di Kuali Nyonya, Jl olo Ladang no 24; Padang, pada Jumat, 1 Juni 2018 itu digelar secara santai. Dalam diskusi yang dimulai pukul 15.00 Wib itu, masing-masing komunitas memaparkan apa saja yang menjadi bagian dari kegiatan mereka.

"Kegiatan ini merupakan sharing yang dilakukan masing-masing dari kita, tentang bagaimana kita bekerja. Dan saya melihat, antara Wikipedia Bahaso Minang dengan Genpi Sumbar saling melengkapi satu sama lain. Kita berharap bisa jadi mitra yang menguntungkan karena Wiki juga support beberapa kegiatan pariwisata dan juga kebudayaan yang biSa dipromosikan di Sumbar. Kerjasama ini bisa sebagai kontributor ataupun source bagi Wikipedia Bahaso Minangkabau," kata Ketua harian Genpi Sumbar, Elsa Resia.

Genpi yang juga disebut sebagai laskar digital dalam bidang pariwisata, kuliner, dan kesenian tradisional juga membutuhkan tulisan atau source penting lainnya. "Dan hal itu bisa didapat dari Wikipedia Bahaso Minangkabau sebagai sebuah komunitas yang bergerak di bidang penulisan artikel," katanya.

Koordinator Digitalisasi Konten di Wikimedia Indonesia yang juga bagian dari Komunitas Wikipedia Bahaso Minangkabau, Hardiansyah mengatakan kegiatan diskusi di internal Wiki merupakan kegiatan rutin. "Di bulan Ramadan ini, pihaknya sekali seminggu mengadakan kopdar yaitu mengedit bersama dengan titel "Mawiki bajamaah". Beberapa anggota yang hadir datang menambah artikel berbahasa minang di wikipedia," katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan melengkapi data pulau yang ada di Kota Padang ... Baca halaman selanjutnya