KPU Sawahlunto Temukan 5 Ribu Lebih Surat Suara Rusak

"KPU Sawahlunto membutuhkan 45.770 lembar surat suara"
Ilustrasi surat suara (Antara)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawahlunto menemukan ribuan surat suara untuk pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota pada pemilihan tahun ini.

Surat suara yang rusak tersebut tercatat sebanyak 5.341 dan 45.803 surat suara keseluruhan yang ada di KPU.

"Jumlah surat suara rusak ini diketahui setelah kami melakukan pemilahan surat suara dari semua surat suara yang kami terima untuk Pilkada 2018," kata Divisi Umum, Keuangan dan Logistik Komisi KPU Kota Sawahlunto Desy Fardila pada KLIKPOSITIF.

Ia menyebutkan, KPU Sawahlunto membutuhkan 45.770 lembar surat suara. Jumlah surat suara itu sudah termasuk tambahan 2,5 persen dari daftar pemilih tetap atau DPT.

"Setelah dihitung ulang surat suara yang diterima dari pihak penyedia berjumlah 45.803 lembar. Jumlah surat suara yang baik 40.462 lembar. Jadi, terdapat kekurangan 5.308 lembar surat suara," ulasnya.

Untuk memenuhi kekurangan surat suara itu, pihaknya sudah mengajukan permintaan kepada pihak percetakan yang ditunjuk KPU RI.

"Saat ini saya sedang menjemput kekurangan surat suara di Kudus, Jawa tengah. Nantinya surat suara yang rusak akan dimusnahkan dengan disaksikan Panwaslu dan polisi," papar dia kemudian.

Pilkada di Kota Sawahlunto akan digelar di 131 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 27 desa dan 10 kelurahan yang tersebar di 4 kecamatan Kota Sawahlunto.

Pilkada di Kota Sawahlunto ini diikuti tiga pasang calon, yakni Fauzi Hasan-Dasrial Ery, didukung Partai Demokrat tiga kursi dan PDIP dua kursi atau total lima kursi.

Selanjutnya, pasangan calon Ali Yusuf-Ismed didukung Partai Golkar 3 kursi, PKPI 3 kursi dan PKS 2 kursi atau total 8 kursi. Lalu, pasangan Deri Asta-H. Zohirin Sayuti didukung PAN 2 kursi, PPP 4 kursi dan Nasdem 1 kursi atau total 7 kursi.

Sementara itu, Daftar pemilih tetap (DPT) di Kota Sawahlunto untuk pelaksanaan Pilkada 27 Juni 2018 sebanyak 44.592 orang ... Baca halaman selanjutnya