Tingkatkan Kamtibmas, Wakapolres Mentawai Ajak Masyarakat Jadi Polisi Keluarga

Wakapolres Mentawai, Kompol Alvira
Wakapolres Mentawai, Kompol Alvira (Humas Pemkab Mentawai)

MENTAWAI, KLIKPOSITIF - Untuk meningkatkan kewaspadaan dalam membantu menjaga keamanan dan ketertiban terutama di lingkungan keluarga, polisi Mentawai ajak warga menjadi polisi keluarga.

"Mari kita menjadi polisi bagi anak dan keluarga kita, sehingga mereka bisa nyaman dan merasa terlindungi, " Kata Wakapolres Mentawai Kompol Alvira saat memberikan sambutan pada acara Safari Ramadhan di Masjid Almujahidin Pasapuat, desa Saumanganya Kecamatan Pagai Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Selasa malam (5/6).

Kompol Alvira mengatakan, menjadi polisi keluarga memang tidak dipersenjatai dan berseragam layaknya polisi. Tapi polisi keluarga adalah bagian dari keluarga itu sendiri yang mempunyai peran untuk menjaga baik dalam keamanan, pendidikan agama, serta memberi pemahaman kepada keluarga, seperti penjagaan terhadap pengaruh informasi negatif yang menyebar luas melalui media sosial, pengaruh negatif dari penyalahgunaan obat-obatan terlarang, tindakan asusila, kenakalan remaja dan terkait pemahaman radikalisme yang sangat dikuatirkan dapat memecah belah NKRI dengan memperalatkan nama agama.

Baca Juga

Peran polisi keluarga, kata Alvira, memang hanya di lingkungan keluarga, tapi bila diperankan secara baik, maka hasilnya sangat membantu dalam menyelamatkan generasi yang baik dimasa depan.

"Polisi keluarga dapat diperankan oleh para orang tua, dalan melakukan pendidikan keagamaan, misalnya kepada anak-anak atau lingkungan keluarga sendiri," ujar Alvira.

Meski baru 3 bulan Alvira bertugas di kepolisian resort Mentawai, namun dia telah bisa merasakan adanya rasa toleransi yang besar antar umat beragama di Kabupaten yang berjuluk " Bumi Sikere ini " Mentawai dihuni masyarakat yang beragam, namun rasa toleransi sangat luar biasa dan begitu tinggi disini, " ujar Alvira.

Toleransi antar umat itu kata dia dapat dilihat dengan adanya bentuk kerja sama antar umat beragama, saling menghargai dan mendukung berbagai kegiatan.

Safari Ramadan merupakan kegiatan keagamaan bagi umat Islam yang digelar selama bulan Ramadhan oleh bagian Kesra Setda Kab.Mentawai. Safari Ramadhan Tahun ini dibagi 3 tim dengan masing-masing tim dipimpin oleh Bupati, Wakil Bupati dan Sekda.

Tim Safari Ramadan yang berkunjung ke Masjid Almujahidin Dusun Pasapuat Desa Saumanganyak kecamatan Pagai Utara dipimpin oleh Wakil Bupati Mentawai Kortanius Sabeleake dengan rombongan antara lain, Asisten II Ekobang Setda Kabupaten Mentawai D. Lubis Sabelau, Wakapolres Mentawai Kompol Alvira, Pasintel Kodim 0319 Mentawai Kapten F Putra Damanik Irawan, Ustad Salim Perangin-angin dan didampingi beberapa orang staf dari bagian Kesra Kabupaten Kepulauan Mentawai. Selain melakukan silaturahmi bersama warga, tim Safari Ramadhan juga memberikan bantuan kepada jamaah masjid yang dikunjungi. [Dio]

Penulis: Khadijah | Editor: -