Kecamatan Dua Koto Pasaman Tidak Siap, Tuan Rumah MTQ Dipindahkan

"Kegiatan ini akan dilaksanakan selama lima hari, namun belum ditentukan tanggal berapa akan dimulai"
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Yulisman)

PASAMAN, KLIKPOSITIF -- Tuan rumah MTQ tingkat Kabupaten Pasaman, Sumbar akhirnya dipindahkan ke Kecamatan Padang Gelugur. Pemindahan ini karena situasi dan kondisi di Kecamatan Dua Koto pasca kerusuhan tambang emas diduga belum kondusif.

"Melalui rapat Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ), Camat Dua Koto, Khairul Ihsan saat itu menyatakan tidak siap menjadi tuan rumah karena menyangkut situasi dan kondisi di daerahnya pasca kerusuhan tambang emas," kata Kepala Kesejahteraan Setda Pasaman, Edi Erman ketika dikonfirmasi KLIKPOSITIF, Kamis 7 Juni 2018.

Sekaitan dengan itu, panitia memindahkan tuan rumah jadinya ke Kecamatan Padang Gelugur. Pelaksanaan MTQ itu butuh keamanan, kenyamanan, ketertiban.

"Maka pasca kerusahan di perusahaan tambang PT. IJM beberapa waktu lalu belum bisa dikatakan kondusif untuk menggelar acara. Didapat kesepakatan pemindahan ke daerah lain," ujarnya.

Menurut Edi Erman, direncanakan MTQ tingkat Kabupaten Pasaman akan dilaksanakan pada Oktober 2018 mendatang. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama lima hari, namun belum ditentukan tanggal berapa akan dimulai.

Para kafilah nanti akan hadir dari 12 kecamatan yang ada di Pasaman. Kecamatan Padang Gelugur sudah tepat menjadi tuan rumah sebab sarana dan prasarana sangat mendukung.

Sarana dan prasarana itu, lanjut Edi Erman seperti sarana mesjid, gedung pertemuan, lapangan terbuka, fasilitas air, pemondokan qori dan Qoriah dan lainnya.

"Persiapan MTQ ini, kita terus melakukan koordinasi dengan panitia terkait, camat dan KUA dan pihak lainnya. Kita optimis MTQ kali ini akan berjalan dengan lancar dan menghasilkan Qori dan Qoriah yang hebat untuk mewakili Pasaman nantinya ke Sumbar," sebutnya.

[Yulisman]