Jelang Lebaran 2018, Gas Elpiji Mulai Langka di Tuapejat

"Dari pantauan KLIKPOSITIF di beberapa toko maupun warung di seputar jalan raya Tuapejat, sangat jarang yang menjual Gas Elpiji"
Ilustrasi (Net)

MENTAWAI, KLIKPOSITIF - Sepekan jelang hari Lebaran Idul Fitri 2018, warga Tuapejat ibu Kabupaten Mentawai mulai kesulitan kebutuhan pokok seperti Gas Elpiji berukuran 3 Kg atau 12 Kg. Sebab Gas Elpiji tersebut merupakan kebutuhan yang tak terpisahkan diantara kehidupan dalam kehidupan sehari-harinya.

Dari pantauan KLIKPOSITIF di beberapa toko maupun warung di seputar jalan raya Tuapejat, sangat jarang yang menjual Gas Elpiji. Tidak seperti biasanya, di beberapa toko terutama di kawasan dermaga Tuapejat KM. 0 yang selalu menyediakan stok Gas Elpiji ukuran 12 Kg itu.

Yanti (35), salah satu pemilik warung yang menjadi agen gas di Tuapejat mengatakan, sudah beberapa hari ini stok gas habis, dan kapal pertamina yang biasanya rutin mensuplai gas ke Tuapejat sampai hari ini belum juga terlihat datang ke Tuapejat.

"Sudah sejak kemarin, banyak pembeli saya yang kecewa, memang stok sudah habis," kata Yanti di Tuapejat, Kamis (7/6).

Yanti menyebutkan, biasanya dia menyediakan sekitar 50 tabung gas elpiji ukuran 12 Kg, dan tidak sampai seminggu sudah ludes diambil pelanggan. "Biasanya sih ada 50 tabung, tapi disini cuma jual yang isi 12 kg, saya jual Rp. 220 ribu per tabung," ujar dia.

Dari beberapa informasi yang diterimanya, kelangkaan gas elpiji bukan hanya di Tuapejat, tetapi juga terjadi di beberapa kecamatan di Mentawai, seperti di Siberut dan juga Sikakap, " ya kemarin kata kakak di Sikakap dan Siberut juga terjadi kelangkaan gas elpiji disana, " kata Yanti

Senada dengan Yanti. Neti (37) warga Tuapejat juga mengeluhkan terjadinya kelangkaan gas elpiji itu, apalagi kelangkaan terjadi menjelang lebaran. "Mau bagaimana lagi, jadi kesal juga kita, terpaksa pakai kompor atau beli makanan jadi untuk makanan sehari hari," ucap Neti.

Langkanya persediaan gas elpiji di Tuapejat itu juga menimbulkan pertanyaan sejumlah warga. Pasalnya pada setiap menjelang lebaran atau natal ... Baca halaman selanjutnya