Manfaatkan Rute Ini untuk Hindari Macet Saat Mudik Lewat Bukittinggi

Ruas jalur alternatif di Kota Bukittinggi
Ruas jalur alternatif di Kota Bukittinggi (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI , KLIKPOSITIF -- Kepolisian Resor Kota Bukittinggi meminta masyarakat yang mudik melewati Kota Bukittinggi bisa memanfaatkan jalur alternatif di kota wisata tersebut.

Pasalnya, Kasat Lantas Polres Bukittinggi , AKP Sukur Hendri Saputra mengatakan, ada satu kawasan yang menjadi titik tumpu kemacetan ketika arus mudik -balik.

baca juga: Ini Pesan Sri Mulyani untuk Pegawai Kemenkeu di Lebaran Idul Fitri

Kemacetan tersebut terjadi di kawasan Padang Lua . Jika tidak memanfaatkan jalur alternatif maka pengendara bisa terjebak disana dengan waktu yang cukup lama.

Rute alternatif ini berguna untuk pemudik yang datang dari arah Kota Padang dan sekitarnya. Pertama yang bisa dimanfaatkan pemudik adalah jalur menuju Simpang Gobah.

baca juga: Ini Kabar Baik Terkait Penanganan COVID-19 di Agam

Untuk menuju ke kawasan tersebut, pemudik cukup belok kanan di simpang Padang Lua -dari arah Padang itu.

Sesampai di Simpang Gobah, pengendara bisa langsung melanjutkan perjalanan ke Simpang Taluak dan berakhir di Jambu Aia, terakhir tinggal belok kanan menuju Kota Bukittinggi . Panjang jalur ini sekitar 5 kilometer.

baca juga: Ramadan Usai, Ini Tips Tetap Sehat dari Pakar Gizi

Rute kedua, pengendara yang datang dari Padang, disarankan belok kanan di Simpang Koto Baru.

Rute ini akan membawa pengendara melewati Sungai Pua-Simpang Bukit-Simpang Tanjuang Alam.

baca juga: Hingga Lebaran H-1, Mobil Tinggalkan Jakarta Tembus 400 Ribu Unit

Selanjutnya belok kiri menuju Pusat Kota Bukittinggi , dan kita pun terhindar dari Padang Lua . Panjang rute ini mencapai 14 kilometer.

Rute alternatif ketiga, pengendara dari Padang disarankan masuk lewat Simpang Sungai Landai Banuhampu untuk menghindari Padang Lua

Dari sana, silahkan melaju menuju Koto Gadang untuk selanjutnya menuju Simpang Ateh Ngarai Bukittinggi . Jarak tempuh rutenya 10 kilometer. 

Jalan alternatif ini, tentu tidak selebar ruas jalan utama, namun jika terjadi kemacetan panjang di Padang Lua , sangat disarankan menempuh rute ini. 

"Pengendara harus hati-hati saat perjalanan mudik , jangan paksakan keadaan. Jika lelah, sebaiknya beristirahat untuk memulihkan tenaga," kata Kasatlantas.

[Hatta Rizal]

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa